Postie Trilogy-Why Australian Post Use it?

Damn……..

akhirnya bisa juga saya manteng di depan kompi buat nulis kelanjutan dari artikel ini. Kelamaan yak, sebulan lebih. Maap-maap deh kalau begitu, soalnya beragam kesibukan kuliah menyergap (boro2 mikirin nulis, tugas numpuk tiap hari).

Well, jangan pedulikan curhat colongan saya diatas, karena kita bakal sama-sama bahas : “Kenapa sih Honda CT series berjuluk Postie Bike ini dipake di Australia?”   Pertama-tama, pantengin dulu gambar dibawah ini : Medannya cukup asik bukan?:mrgreen: itulah alesan pertama kenapa si Honda yang satu ini dipake di  Australia. Sistem dual range gearingnya ngebantu banget buat ngelewatin medan berbatu, menanjak, dan berkontur ga teratur macem gambar diatas. Dan memang kayak gitulah gambaran kasarnya kondisi daratan Australia yang mesti dilewatin si Postie.

Alesan berikutnya…..mesin.

Udah jadi rahasia umum kalo mesin C series yang dipake CT series ini bandel dan reliabel, in short, bulletproof .

Pertama tentunya gara-gara materialnya yang cukup bagus. Kedua tentunya masalah teknologi. Teknologi mesin yang sederhana dan murah perawatan (pendingin udara, SOHC), cocok banget buat dipake nyelusup-nyelusup ke daerah-daerah tak bertuan. Dan faktor lain yang dukung banget buat motor dinas tentunya adalah efisiensi bahan bakar:mrgreen:

C series….legenda di negara kita, even Australians prove it!

Oh iya, masih ada hubungannya sama mesin, biar 2 gambar di bawah ini yang jelasin :

mau berenang? jangan takut ngajak si Postie, dia bebek sejati kok, seneng aer
Smoke on the Water…. *eh

Berikutnya adalah keunggulan semua bebek kwek-kwek. Dengan desain frame macem gitu, step through design kalo kata Australians disana, bikin gerakan kaki jadi lebih leluasa, bisa turun naik dari motor dengan gampang. Soalnya ngga kehalang sama tangki. Otomatis lebih praktis🙂

desain step thru frame kata bule…..ternyata bebek bisa keren juga….istilahnya doang

Okeh, lanjut. Lagi-lagi kelebihan (ato kekurangan ye) motor yang satu ini juga dipunyain sama semua bebek pada umumnya (kecuali spesies eksotis macem Shogun SP ato Arashi manual clutch misalnya hahaha), yaitu kopling matik.

Kok bisa jadi kelebihan? buat kita mungkin biasa, buat tukang pos mah berguna banget. Pertama-tama nih, kopling otomatis bikin berhenti pas hillclimb jadi gampang, ga perlu pencet remes tuas kopling segala. Kan berguna banget, berhubung medan yang dilewatin tukang pos di Australi rata-rata gitu.

Absennya kopling manual juga bikin kerjaan si tukang pos jadi praktis, ga perlu kayak motor manual yang kudu netralin mesin tiap berenti buat ngasih surat, gigi masuk cuek sajah. Begitu surat diterima bisa langsung cabut dari TKP, efisien dan hemat waktu.

praktis dan hemat waktu

Yah….kurang lebih begitulah uraian singkat yang bisa saya tulis ke pembaca sekalian. Moga-moga situ menikmati, ato malah mungkin bagi yang punya bebek merah manis berkode C70, jadi tertarik buat bikin motornya jadi kayak CT series

*soalnya saya juga pengen, sayang ga ada ujan duit

————————————————————————–

Special Thanks for :

advrider.com
en.wikipedia.org
ct90-ct110.com
hondatrailcts.yuku.com
coolcardsblog.blogspot.com

dan Pak Derry si pemilik Arashi yang ngasih saya support buat nulis lagi, hehehe

 

39 pemikiran pada “Postie Trilogy-Why Australian Post Use it?

  1. kalo disini malah honda win yang menimbulkan kesan “bulletproof” dan “all terrain offroad”. yaah mesin C-series sih😛

    1. ooh iya tambahan om Aziz, itu ada tangki tambahannya, cuma lupa brapa liter xixixi:mrgreen:

      pokoknya mah sama motor ini ga perlu khawatir, mau nanjak tinggal ganti range gearnya, bensin abis tinggal pake cadangan😆

  2. kalau lihat kehandalan motor ini, jadi mikir
    “Kenapa Federal Motor jaman dulu gak masukin CT di Indonesia ya?”
    kan pas tahun 70-an banyak jalan yang masih jalan tanah
    sama masih musim motor trail kan?
    kelihatannya motor kayak gini bakal laku deh kalau dijual 30 tahun yang lalu

    kapanhari dijiplak fukuda, jadi Fukuda CT90 (just body :D)

    1. masalahnya Honda pun cuma masukin ke US sama Aussie aja koh, mungkin mereka ngga kepikiran….

      disini udah ada Honda Win juga sih, seandainya dual gearing dan ban pacul, bah lebih mantap dari ini:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s