Membuka Belenggu-Maen Kotor dengan Altia

Semua orang punya comfort zonenya masing-masing, pembaca punya, demikian juga saya. Buat saya, comfort zone saya adalah jalan aspal yang mulus, dan tentunya udah saya apal bener rutenya (karena saya punya kelemahan ngapal jalan). Tapi tanggal 6 Agustus kemaren, jadi hari dimana saya agak keluar dari comfort zone saya, and you know…..i kinda like it🙂

Bermula dari niat sederhana saya buat mengunjungi lagi rumah Derry Pratama aka Dhey. Kisah mengenai kunjungan pertama bisa dibaca disini. Selain buat mengunjungi Dhey, juga buat ketemu sama teman saya si Bantat aka Reyhan Pirdaos. Karena kebetulan Reyhan ngaso di rumahnya Dhey selama doi ngunjungin Bandung. Sebage temen tentunya saya pengen ketemu juga, karena kapan lagi? besoknya dia dah kudu pulang

Jadi…kita sedikit ngobrol biasa, masalah motor, masalah forum dan dunia perbloggeran, ngobrol2 ala filsuf, idealis tapi tidak berbobot:mrgreen: Lalu saya inget sama rencana lama saya bersama Dhey. Yaitu ngambil poto saya bersama Altia buat dijadiin ilustrasi ride review Altia setelah dicakramkan.

Yah, dan semuanya berjalan mulus kayak aer. Reyhan juga penasaran dan pengen ikutan, jadi dia bonceng si FU150, Saskianya  mas Panji (yang kebetulan sedang ada di rumah Dhey) dengan Dhey, saya tentunya dengan Altia.

Kita mutusin ke perumahan Setraduta buat ambil gambar di sana. Kebetulan emang jalurnya agak “pantes” buat photo session, ada yang mulus-mulusnya juga sih. Tapi takdir (jiah) berkata lain, kondisi jalannya yang ramai (kayaknya sih gara-gara ngabuburit menjelang buka puasa) bikin ngga mendukung buat ambil gambar

Jadi…Dhey ngasih ide anyar, kenapa ngga ke KPAD aja? buat orang Bandung pasti tau KPAD di daerah mana, nggak jauh2 sih, masih menitan kalo diitung dari Sarijadi. Maka kita pun meluncur ke KPAD. Sampe di sana, rame juga sama di jalan aspalnya. Lalu Dhey nunjukin satu spot tanah yang lumayan lapang di sana, tentunya berundak-undak. Kita pun cabut ke tanah terbuka itu.

Well…..disana Reyhan abuse Altia dengan indahnya, jalan tanah yang nanjaknya lumayan terjal itu dilibas dengan gigi 2. Dalam hati saya mikir “She is still rocks.” selain sdikit takut-takut karena baru liat Altia digituin😆 Tapi nyatanya nggak masalah juga. Dia kuat dan keliatan lumayan bersemangat (baca:torquey) saat dicoba di tanjakan.

Saya yang masih bengong liat Reyhan disadarkan Dhey yang nyuruh saya bonceng buat ngikut Reyhan. Buat si Twincam Saskia tentunya bawa dua orang di tanjakan terjal bukan hal yang berat (apalagi jokinya dah gape). Dan yah…..saya dan Dhey tiba di rataan tanah di bawah sutet, xixixi. Nggak pake lama, SLR andelan dikeluarkan dan mulailah Dhey (dan Rey) motret-motret. Saya juga ikut motret sekali. Hasilnya bisa ente-ente liat semua dibawah.

Sodara seperguruan F Series
awas Alt, kena setrum entar
untung knalpotnya dah dicat, mayan mejeng kaga busuk2 amat:mrgreen:

ngaso dulu ah

Saya pun dipanas-panasin sama Dhey dan Reyhan buat nyoba Saskia di lahan itu. Man, ini pengalaman pertama saya nyoba FU150, dan di lahan tanah berilalang pula, gila. Tapi okay, the show must go on. Jadi dengan sotoy bin nekat, saya pelan-pelan ngejajal Saskia, meskipun sedikit-sedikit ada mati mesin karena belum gape kopling (maaf untuk mas Panji😦 ).

Abis sdikit ngeabuse Saskia, saya jadi penasaran juga buat nyoba Altia di tanah. And then, the abusing begins. Saya yang masih kaku pelan-pelan belajar melajukan Altia di tanah. Sedikit….sedikit, diadvis cara bawanya yang bener sama Dhey (berdiri sambil merapatkan lutut ke jok), dan pembiasaan, then i found this is exciting!

start to ride
menikmati jalan tanah untuk pertama kali dengan Altia

Yeah! sensasi di tanah yang bisa anda nikmati fotonya di atas ini  bener-bener beda sama di aspal, yang namanya traksi rendah dan beragam “ajlukan” ngasih sensasi yang belum pernah saya rasain. Biarpun masih kaku dan takut-takut, tapi saya mulai ketagihan. Dan….hari udah sore, kita turun ke lahan di bawah, yang tentunya masih tanah juga, cuman minim ilalang (dan minim speedbump, halah).

a little bit downhill…….

Di sana saya lebih leluasa melajukan Altia. Di sinilah kerasa enaknya suspensi anyar Altia yang serupa Satria R. Karena bikin tinggi, otomatis ground clearence juga lebih tinggi, handling lebih mantep dan empuk dari standar (pengaruh diameter suling sok yang 27 mm juga). Suspensi depan nggak begitu ngayun, cukup stabil. Yah, intinya enaklah, sampe saya pun ngga tahan buat melajukan Altia terus-menerus.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Saya pkir saya udah nemuin satu hal yang baru, dan mesti diakui itu sedikit ngebuka belenggu otak saya. Biarpun cuman main tanah di perumahan. Bahwa main motor itu ngga cuma asik di aspal, tapi juga di tanah (even dengan bebek, meskipun emang kaga boleh tiap hari, bebek tetep punya limit ketahanan part, tapi kalo sekali-kali gak masalah). Dan langsung kerasa mangpaatnya bertanah ketika balik lagi di aspal. Manuver serasa lebih luwes dan lebih efektif.

When you ride a motorcycle, you must enjoy it, whether in a nice asphalt road or a bumpy one. Masa menikmati motor di jalan muyus dan lurus ajah gan.

Saya puas, bener-bener puas, mesti diakui. Badan juga jadi seger biarpun di rumah akhirnya pada pegal-pegal (but trust me, its totally worth it). Dan yah, satu lagi yang saya dapet.

Apapun motormu, saat kamu udah klik sama karakternya, pasti kamu bisa seneng-seneng sama doi, biarpun cuma Shogun 110 tua berumur sedekade ato Supra Fit 100 sese sekalipun.

So….thanks (a looot) to my pal Dhey and Reyhan, dua psikotik tukang abuse yang dengan giatnya mendorong saya buat ngelakuin hal yang tadinya cuma berani saya lakuin dengan ATV. It’s expanding my horizon dude, to be honest

Tks juga buat mas Panji dan Saskianya, yang ngasih saya experience pertama mengendarai FU150😀

Tks juga buat foto-foto cantiknya…..i really appreciate it 

46 pemikiran pada “Membuka Belenggu-Maen Kotor dengan Altia

    1. Tks a lot Dis🙂

      hehehe, ngga leluasa masalahnya Dis, berhubung gua baru belajar bertanah, bikin gerakan gua jadi kagok dan gerah juga……….yg penting celana panjang, sepatu berprotektor, helm pulpes, sama glove tetep dipake😉

  1. itu KPAD sebelah mananya yaa??
    deket arah jalan ke setiabudi regency bukan ??

    pengen nyobain saskia,dari dulu cuman ngeliat doi dr belakang meliuk liuk dgn indah di tikungan bersama empu nya

  2. kapan motor si akang ”mantan tromolers” sampai bromo? beneran buaggus lho!, bakal nyesel ente kalau udah saatnya ga suka naik motor baru kesampaian main ke bromo! :mrgreen: #aku baru 8x mampir kesono 😆

  3. pertama kali keluar dari comfort zone pas main pasir ke pantai. rasanya asik bro, bisa belajar two wheel drift pake cesssssssss walopun sempet jatuh hehe😆

    “motor adalah teman” -captain tisubasa-

  4. kalo main di tanah2 gini masi enakan motor bebek dibanding motor sport kyk vixion, byson, dll… terutama bebek honda… serasa leboh kokoh😈

    supra saya udah iasa dibeginiin di tanah hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s