First Time Doing DIY

There is always a first time. Sama kayak saya yang masih sedikit-dikit berusaha melakukan sesuatu sendiri. Dan buat hal yang satu ini, emang baru sekali ini saya lakuin dengan serius…..

Apakah itu? restorasi part-part metal Altia secara kecil2an. Umur Altia yang udah satu dekade lebih bikin komponen-komponen metalnya jadi keliatan busuk, kena goresan, bekas air yang ngga dibersihin, debu dan kotoran. Sedikit-dikit dan akhirnya ngendep, jadilah tampilannya nggak enak diliat. Nggak nunggu lama, 27 Juli saya laksanain projek kecil-kecilan ini.

Part yang pertama-tama dibenahi sedikit adalah behel dan batang pegangan panel tromol belakang. Pengalaman sebagai motor pekerja bikin behel Altia jadi terkikis catnya gara-gara sering jadi tempat terikatnya tali buat ngiket keranjang berisi barang yang mesti dikirim ke pelanggan. Agak lucu karena bagian atas behel udah abis catnya (raw metal look jadinya, hahaha), tapi bagian bawahnya masih ada catnya.

Nasib si pegangan panel tromol belakang nggak jauh beda, gara-gara posisinya yang nyempil, bikin si doi sering luput dari pembersihan. Kotoran, debu, bekas air hujan numpuk semua jadi satu dan bikin tampilannya busuk luar dalem. Boleh aja sih posisinya nyempil, tapi kalo pas lagi nyuci motor bikin mata nggak enak, pasti keliatan aja soalnya:mrgreen:

Liat posisi batang pegangan panel tromol di bawah swing arm itu kan? emang nyempil sih

Konsep yang saya pikirin itu bukan pengecatan lagi, tapi sekalian dibikin raw look. Sebabnya sih gara-gara raw look itu keliatan lebih preman, *eh garang dan asli. Jadi, behel dan batang pegangan panel tromol dilepas dulu, terus sisa cat diampelas sampe abis. Khusus buat behel, saya ngga ngampelas semua cat, cukup bagian yang keliatan dari luar aja. Kelar ngampelas cat, saya gosok hasil ampelasannya itu pake Autosol. Abis behel itu dipoles sama Autosol, tinggal dilapisin sama clear coat Pylox merek Nippon paint:mrgreen:

nah, ini kondisi sebelum “treatment,” perhatiin behel yang bercat agak rusak itu, juga kondisi batang panel tromol yang “bulukan”
setelah diampelas, dipoles dengan Autosol, behel mulai dipernis dengan pilox
kalo yang ini batang panel tromolnya, beda banget kan sebelum dan sesudahnya😉
kalo ini, pas kedua part yang barusan dikeringkan
ini hasilnya pas pernisnya udah kering, cuma rada kurang jelas fotonya

Part yang terakhir, adalah panel tromolnya sendiri. Sama kayak batang pemegangnya yang sering luput dari pembersihan, panel tromol belakang juga nasibnya sama. Maka metodenya pun juga nggak jauh berbeda dengan dua part diatas. Saya baru ngerjain part yang ini tanggal 28 Juli (hari ini), gara-gara mesti nunggu part ini dilepas dari Altia di beres.

pastinya keliatan kontras banget kusamnya kondisi panel tromol dibanding tromolnya yang baru:mrgreen:
kondisinya udah agak “mendingan” abis “diterapi”

Oh iya, ada yang kelupaan saya sampein, Altia emang ditaro di beres karena satu sebab. Kebetulan saya mau ngecat knalpotnya yang emang udah busuk. Knalpotnya memang bekas dilas karena dibobok setaun yang lalu, dan belum dicat, selain itu ada banyak bekas air, gores, karatan, dan cat yang udah mengelupas.

kelewatan kalo nggak keliatan bututnya nih knalpot

Jadi, pertama-tama saya kelupas dulu cat yang masih nyisa dari badan knalpot pake amplas yang cukup kasar. Waktu itu sih saya lakuin pas knalpot masih nempel di sasis Altia.

keliatan leher knalpot yang belum diampelas
pelat pengelasan lama yang belum diampelas masih berkarat

Besoknya, pas ngamat-ngamatin hasil ampelasan, baru ngeh ada lubang keropos kecil di samping lubang pembuangan. Nah, maka saya minta tolong ke beres buat sekalian mengelaskan knalpot Altia, selain karena ada satu kepala baut yang slek, jadi nggak bisa dibuka sendiri (padahal kemaren sampe udah lepas futsetep segala di garasi). Abis itu baru dibawa pulang, langkah selanjutnya nggak jauh dari ngampelas bagian knalpot yang belum beres (pas masih nempel di sasis banyak bagian yang susah diampelas).

finishing pengampelasan knalpot, perhatiin pelat pengelasan yang udah nggak berkarat lagi
ready to be painted😉

Nah, kelar ngampelas, jelas langkah selanjutnya ya ngecat. Langkah ngecat ini yang saya belum lakuin berhubung nggak ada waktu. Maka, postingan soal pengecatan knalpot Altia bakal saya tulis nanti. So, stay tuned at Motorsayatromol.wordpress.com😉

——————————————-

Special thanks for :

Dhey, yang udah ngajarin dan ngasih liat basic pengaplikasian clear coat dan juga buat inspirasinya:mrgreen:
Kak Uie, tks buat ilmu ngampelas basahnya ya😀
Reyhan Pirdaos, aye cokot picnya atu ya men, tks

 

30 pemikiran pada “First Time Doing DIY

    1. nah kebetulan nih ada yang bahas cat tahan panas
      tolong tanya cat tahan panas dan tahan karat buat batangan knalpot yg mulai kekuningan😀
      itu merek apa y hehe

  1. Hidup ane katanya berantakan om ditambah rambut ane,, tapi kalo udah baca artikel kok berubah jadi rapi yaaa.. Hehehe..😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s