Tulisan ini nyambung dari bagian satu yang udah penulis publish. Di tahap kedua ini, penulis membawa MDBS ke beres Suzuki Pajajaran untuk “dibedah” dalam artian bahwa MDBS bakal diinapkan di sana sampai semua part cakram set selesai dipasang.
Awalnya, MDBS dibongkar bagian depannya, sampai trondol, lebih trondol dari pengikut tren yang itu tuh
Kelar dibongkar, part pendukung pertama yang bakal diganti, komstir set, mulai ditanem di poros kemudi MDBS. Kenapa penulis sekalian ngeganti komstir set ini? sebenernya gara-gara faktor usia yang ampir 11 taun, biarpun komstirnya sendiri juga belum ancur-ancur amat sih, tapi dipikir-pikir sekalian baru semua, biar enak dan kerasa ubahannya.
Nah, ada lagi yang mau penulis omongin. Ternyata sokbreker Shogun lama yang serupa sama sokbreker Satria 2 tak punya diameter as sok depan 27 mm. Punya MDBS sendiri 26 mm. Otomatis segitiga nggak sanggup nampung as sok depan Shogun lama itu. Kalopun dipaksain, cuma cari masalah karena bakal bikin struktur segitiga rentan retak. Beli segitiga baru ratusan ribu. Akhirnya didapetlah solusi bubut lubang segitiga. Tebel dinding lubang segitiganya sendiri 5 mm, sedangkan yang dibubut cukup maksimal 0,5 mm. Masih masuk bates toleransi dan masih cukup aman. Tapi ya berhubung yang tau bengkel bubutnya lagi pergi, akhirnya diputusin segitiga MDBS bakal dibubut besok. Akhirnya penulis masuk ke showroom buat liat-liat sekalian nunggu jemputan.
Sebelumnya, penulis udah nitipin part-part cakram set ke front desk dealer, termasuk part yang belum dipublish yang satu ini. Akhirnya, penulis minta ke front desk buat ngeluarin part tersebut buat dipoto sama kamera hape busuk punya penulis. Part itu apalagi kalo bukan master rem depan. Khusus buat master rem depan, penulis ambil Nissin SGP punya Suzuki Satria 120 (RU120).
Ada lagi part yang kedua. Part yang kedua sebenernya udah pernah dipublish, tapi pas belum dimodif. Part yang dimaksud yaitu kaliper depan Nissin SGP punya Suzuki New Shogun 110 (FD110XSD). Ada cerita dibalik kaliper ini, kebetulan penulis rada lupa pas order part kaliper ini, lupa kalo penulis make sokbreker Shogun 110 lama (FD110CDST), yang tentunya punya dudukan kaliper yang beda jauh sama New Shogun. Akhirnya……..beres nyanggupin buat nanggung setengah dari biaya penggantian bracket. Kebetulan kalipernya sendiri antara Shogun lama dan New Shogun persis, yang beda cuma bracketnya aja.
tambahan, yang dibawah ini tampang si kaliper pas belum ganti bracket :
Kelar poto-poto part, ada motor-motor baru yang dipajang di showroom nih. Nggak ada salahnya buat dipoto, toh di dealer nggak ada yang ngelarang π Motor pertama yang bikin penulis tertarik buat neken shutter hape butut penulis adalah Satria FU150. Napa sih bikin tertarik? Stripingnya pembaca sekalian kayak yang udah diketahui sama semua pembaca, striping Satria udah ganti dari striping cewek abstrak ke striping yang lebih berbau sporti dan tegas. Buat ubahan ini, biarpun sangat-sangat minor, tapi penulis mau acungin jempol. Keliatan lebih keren dan lebih niat desainnya dari striping yang lalu, yang cenderung nggak puguh.
Mahkluk kedua, si kesepian. Siapa lagi kalo bukan Shogun Axelo Axelo yang satu ini juga udah ganti striping. Cukup rapih dan keren. Cuma sayang aja desain motornya sendiri nggak mendukung stripingnya yang minimalis dan udah bagus.
Besok penulis bakal nengok lagi MDBS yang lagi opname. Tentunya bakal membawa poto-poto lain berkaitan ama proyek superlama dan super ngebosenin inih, salam
Ajiib..
siip π
rdb axelo sudah melambai2 buat ditebus tuh, buat di mdbs
eheheheheh, tidak, MDBS forever tromol om
wah renovasi total ya bro vincent
sip semoga cepet sembuh Shogun nya π
btw request test drive shogun bro vincent ya π
betul sekali koh, hehe
amin, soal test drive review pasti ditulis, meskipun dengan gaya pas2an ala bloger amatir
hanti2 ntar malah kepincut sama shogun angelo….. π
kagak akan pernah berooo…..modelnya masih bagus punya saya kemana2
Stangnya ga diganti sekalian?
masih bagus dan masih bisa dipakai π
asik2.. π
request test ride juga ah.. π
siap masbro
π
operasi selanjutnya: pasang kopling manual bro. π
biar keliatan imbang antara handel kanan sama kiri. sebelah kanan tuas rem cakram baru, sebelah kiri tuas kopling. asikk…
*komporkompormenyalalah…
Ratjoen…..ratjoen
panas membakaaaar π
asikk… π
ayo bro, nggak ada salahnya biar motornya lebih responsip.
dari tampilan juga ada peningkatan beberapa persen.
*suasanamulaimenghangat.
ihihihihi
habis banyak kayaknya tuh π
btw FU nya kerennnn
FU boy
bukan kepincut axelonya, tp satrianya
wah, tau aje bro
Di tempatnya Mas, kaliper plus masternya kena berapa harganya?
dua2nya antara 500-600ribuan π