Menjelang Pemasangan Cakram Set MDBS (2)

Tulisan ini nyambung dari bagian satu yang udah penulis publish. Di tahap kedua ini, penulis membawa MDBS ke beres Suzuki Pajajaran untuk “dibedah” dalam artian bahwa MDBS bakal diinapkan di sana sampai semua part cakram set selesai dipasang.

Awalnya, MDBS dibongkar bagian depannya, sampai trondol, lebih trondol dari pengikut tren yang itu tuh:mrgreen:

pertama, bongkar batok dulu

kelar lepas batok dan pelek
mulai lepas as sok depan dari segitiga

te ron dol, trendy kan:mrgreen:

Kelar dibongkar, part pendukung pertama yang bakal diganti, komstir set, mulai ditanem di poros kemudi MDBS. Kenapa penulis sekalian ngeganti komstir set ini? sebenernya gara-gara faktor usia yang ampir 11 taun, biarpun komstirnya sendiri juga belum ancur-ancur amat sih, tapi dipikir-pikir sekalian baru semua, biar enak dan kerasa ubahannya.

proses melonggarkan as komstir

kayak gini nih kondisi komstir lama MDBS
dan ini barang barunya, SGP heheheh:mrgreen:
memasang komstir baru bagian bawah
a new one, neat isn’t it?

Nah, ada lagi yang mau penulis omongin. Ternyata sokbreker Shogun lama yang serupa sama sokbreker Satria 2 tak punya diameter as sok depan 27 mm. Punya MDBS sendiri 26 mm. Otomatis segitiga nggak sanggup nampung as sok depan Shogun lama itu. Kalopun dipaksain, cuma cari masalah karena bakal bikin struktur segitiga rentan retak. Beli segitiga baru ratusan ribu. Akhirnya didapetlah solusi bubut lubang segitiga. Tebel dinding lubang segitiganya sendiri 5 mm, sedangkan yang dibubut cukup maksimal 0,5 mm. Masih masuk bates toleransi dan masih cukup aman. Tapi ya berhubung yang tau bengkel bubutnya lagi pergi, akhirnya diputusin segitiga MDBS bakal dibubut besok. Akhirnya penulis masuk ke showroom buat liat-liat sekalian nunggu jemputan.

Sebelumnya, penulis udah nitipin part-part cakram set ke front desk dealer, termasuk part yang belum dipublish yang satu ini. Akhirnya, penulis minta ke front desk buat ngeluarin part tersebut buat dipoto sama kamera hape busuk punya penulis. Part itu apalagi kalo bukan master rem depan. Khusus buat master rem depan, penulis ambil Nissin SGP punya Suzuki Satria 120 (RU120).

Nissin genuine:mrgreen:

Ada lagi part yang kedua. Part yang kedua sebenernya udah pernah dipublish, tapi pas belum dimodif. Part yang dimaksud yaitu kaliper depan Nissin SGP punya Suzuki New Shogun 110 (FD110XSD). Ada cerita dibalik kaliper ini, kebetulan penulis rada lupa pas order part kaliper ini, lupa kalo penulis make sokbreker Shogun 110 lama (FD110CDST), yang tentunya punya dudukan kaliper yang beda jauh sama New Shogun. Akhirnya……..beres nyanggupin buat nanggung setengah dari biaya penggantian bracket. Kebetulan kalipernya sendiri antara Shogun lama dan New Shogun persis, yang beda cuma bracketnya aja.

tambahan, yang dibawah ini tampang si kaliper pas belum ganti bracket :

beda jauh kan bracketnya?

Kelar poto-poto part, ada motor-motor baru yang dipajang di showroom nih. Nggak ada salahnya buat dipoto, toh di dealer nggak ada yang ngelarang😆 Motor pertama yang bikin penulis tertarik buat neken shutter hape butut penulis adalah Satria FU150. Napa sih bikin tertarik? Stripingnya pembaca sekalian:mrgreen: kayak yang udah diketahui sama semua pembaca, striping Satria udah ganti dari striping cewek abstrak ke striping yang lebih berbau sporti dan tegas. Buat ubahan ini, biarpun sangat-sangat minor, tapi penulis mau acungin jempol. Keliatan lebih keren dan lebih niat desainnya dari striping yang lalu, yang cenderung nggak puguh.

yang gak pernah absen di striping Satria CKD

Mahkluk kedua, si kesepian. Siapa lagi kalo bukan Shogun Axelo:mrgreen: Axelo yang satu ini juga udah ganti striping. Cukup rapih dan keren. Cuma sayang aja desain motornya sendiri nggak mendukung stripingnya yang minimalis dan udah bagus.

dari depan-samping…..lumayan sih
dari samping…euh, lebih kayak matik, bentuknya kurang tegas
oh iya, ini tromol edition lho :p

Besok penulis bakal nengok lagi MDBS yang lagi opname. Tentunya bakal membawa poto-poto lain berkaitan ama proyek superlama dan super ngebosenin inih, salam:mrgreen:

24 pemikiran pada “Menjelang Pemasangan Cakram Set MDBS (2)

  1. wah renovasi total ya bro vincent
    sip semoga cepet sembuh Shogun nya😀
    btw request test drive shogun bro vincent ya😀

        1. operasi selanjutnya: pasang kopling manual bro.😉
          biar keliatan imbang antara handel kanan sama kiri. sebelah kanan tuas rem cakram baru, sebelah kiri tuas kopling. asikk…:mrgreen:

          *komporkompormenyalalah…:mrgreen:

        2. asikk…😆
          ayo bro, nggak ada salahnya biar motornya lebih responsip.:mrgreen:
          dari tampilan juga ada peningkatan beberapa persen.:mrgreen:

          *suasanamulaimenghangat.:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s