Holden EJ-The Last Grey Engine Holden

Well…kembali lagi bersama penulis amatiran ini. Sekarang penulis akan memenuhi janji penulis untuk memuat satu artikel mengenai sesuatu yang jarang penulis bahas. Apalagi kalau bukan mobil? Terakhir penulis membahas Land Rover dan Willys, tapi harus diakui kalau tulisan itu kurang fokus.

Nah, mobil yang penulis bahas sekarang ini memiliki bobot kenangan yang cukup dalam untuk keluarga penulis. Mobil yang dimaksud adalah Holden model EJ, yang dikeluarkan oleh perusahaan pembuat mobil Australia, Holden pada kurun waktu yang sangat singkat, yaitu 1962-1963.

EJ Special Sedan

Holden EJ menggantikan Holden EK dengan perubahan bodi besar-besaran, namun dengan mesin yang tetap sama. Mesin ini akrab disebut Grey Engine, mesin konservatif General Motors (yang menjadi induk Holden) yang telah dipakai oleh Holden sejak 1948.

Holden EK, tipe Holden sebelum EJ

Sebelum masuk ke pembahasan berikut, penulis ingin memberikan spesifikasi Holden EJ ini secara garis besar :

Tipe : Mid Size sedan

Mesin : 2.300 cc dengan konfigurasi 6 silinder segaris, OHV

Rasio kompresi : 1:7,25 

Karburator : Bendix Stromberg, downdraft mechanism

Bore x stroke : 77.8 x 79.4 mm

Tenaga maksimal : 75 hp @4200 rpm

Torsi maksimal : 163Nm @1400 rpm

0-60mph (0-97 km/h) : 18 detik (manual), dan 21 detik (hydramatic)

Transmisi : 3 speed manual atau 3 Speed Hydramatic

Wheelbase : 2,6 meter

Dari figur spesifikasinya, dapat terlihat bahwa Holden EJ merupakan tipikal mobil keluarga pada umumnya di masanya. Dengan mekanisme katup OHV, konfigurasi 6 silinder segaris dengan kapasitas yang moderat, 2.3 l, dan tentunya transmisi dengan 3 tingkat kecepatan, EJ sama sekali bukan pengejar kecepatan. EJ lebih mementingkan durabilitas dan kenyamanan. Namun demikian, kecepatan maksimal yang dicantumkan di panel instrumennya itu 200 kpj:mrgreen: (namanya juga klaim)

The conservative OHV “Grey Motor”

Holden EJ merupakan Holden kedua yang setelah seri EK yang mengadopsi transmisi otomatis dari General Motors yang berjuluk Hydramatic. Tentunya dengan klaim berbagai penyempurnaan dari seri EK. Kira-kira beginilah yang tercantum dalam brosur EJ: “Now,  the Hydramatic on Holden has been yet further improved. The shift pattern has been changed to give noticeably better response and quietness-particularly for thes sort of driving you do in heavy traffic. Hydramatic “thinks” even better than before. It changes up and down without delay.”

Sebagai mobil andalan Holden, tentunya EJ memiliki berbagai tingkatan model untuk dapat menjangkau berbagai kalangan dari tingkat ekonomi dan profesi tertentu. Pada model sebelumnya, ada model “Standard” dan “Special”, sedangkan pada EJ, ditambahkan satu trim baru yang berjuluk “Premier” sebagai flagship Holden. Masing-masing model memiliki pilihan sedan atau station sedan. 

EJ Premier Sedan
EJ Special Station Sedan
EJ Standard Sedan

Perbedaan “Standard”, “Special”, dan “Premier” kebanyakan ada di elemen dekoratif pada eksterior, serta kelengkapan interior. Sementara “Standard” benar-benar standar, minim elemen dekoratif serta fitur, “Special” memiliki tambahan elemen dekoratif di bagian luar, warna bodi dan atap yang berbeda, serta fitur-fitur menengah dimasanya. Misalnya pemantik rokok, armrest, serta bahan jok dan interior yang dapat dicuci. Sedangkan “Premier” cukup mewah dengan penyejuk udara, radio, jok kulit yang pada bagian depan mengadopsi bucket seat, bahkan alas lantai terbuat dari wol:mrgreen:

Jok pada Special Sedan, antara pengemudi dan penumpang masih menyatu
Jok Premier, sudah bermodel bucket seat dengan kulit asli, termasuk mewah pada masanya

Tapi….model yang paling menarik menurut penulis tentunya UTE alias Utility. Model ini tentunya sudah jelas dari namanya diperuntukkan untuk apa. Yep, untuk keperluan niaga. Tentunya dengan mesin yang sama dengan trim level diatasnya, namun dengan styling khas kendaraan niaga yang menurut penulis lebih gagah dibanding model station ataupun sedan.

Brosur EJ Ute

Nah, EJ Ute adalah EJ yang diproduksi pertama kali oleh Holden pada tahun 1962.

Selain itu juga ada model Panel van, tentunya untuk keperluan niaga juga, tapi harap maklum kalau modelnya kurang trendi:mrgreen:

Panel van yang meriah :p

Oh iya, satu fakta menarik bahwa Holden produksi kesatu juta adalah tipe EJ dengan trim level Premier

EJ yang kesatu juta

Kebetulan, ikut menyambung juga dengan artikel, penulis ada satu cerita yang berkaitan dengan EJ. Kakek penulis memiliki satu Holden tipe EJ keluaran tahun 1962. Pada masa itu, Holden tipe EJ baru keluar, dan kakek serta nenek penulis tertarik dengan modelnya. Maka setelah lama inden dan dengan usaha keras, kakek penulis berhasil mendapat sebuah unit EJ tipe Special. Mobil ini menjadi kesayangan kakek penulis sampai suatu hari di tahun 90’an, ada masalah yang menimpanya sehingga si EJ tidak bisa berdinas lagi😦 Biarlah gambar yang berbicara :

200 kpj, spidonya aja 😀

Plat identifikasi nomer mesin dan bodi

Penulis mempersembahkan tulisan ini pada kakek dan nenek penulis, yang keduanya telah berpulang. Terimakasih untuk segala inspirasi yang Opa dan Ema berikan buat penulis selama ini. Kalian berdua nggak akan penulis lupakan.

Salam

Sumber tulisan dan gambar

http://www.uniquecarsandparts.com.au
http://en.wikipedia.org
http://members.tripod.com
http://www.ehholden.com.au
http://forums.justcommodores.com.au
http://www.gumtree.com.au

 

 

39 pemikiran pada “Holden EJ-The Last Grey Engine Holden

  1. mobil tua tapi nggak mau kalah sama Alphard, yaitu sama-sama disuruh minum pertamax sama pemerintah.
    btw, jadi ingat tahun 90an team starmild drag racing berjaya dengan Holden Torana

  2. mesin 2.3L itu apa gak kekecilan ya dijamannya? mengingat jaman segitu jamannya mesin kapasitas sadis dan bobot yg gila2an… mobil bule baru spec down taun 1973, itupun rata2 masi kisaran 3000cc ke atas… berarti ni mobil ekonomis banget di jaman itu.. jgn2 dibilang hybrid:mrgreen:

    mesinnya ganti aja om, biasanya holden pake mesin L300 tuh😈
    ane sukanya kingswood😀 , 20-30jt uda dpt yg kinclong abis deh.. tp ngerawatnya :berbusa:

    1. it’s family car and Australian om:mrgreen:

      lagipula sebelum EJ, di jaman Holden F series kapasitasnya lebih kecil lho😆

      ah, buat apa diganti? justru ciri khasnya Holden disitu, medium capacity 6 cyl inline…..

      ahahaha…modelnya masih lebih cantik EJ

  3. biasanya ganti mesin supaya perawatannya lebih mudah… dan BBM.nya lbi hemat😀, klo mau ttp 6 silinder ganti aja ama mesin m52 BMW:mrgreen: CC.nya sama tuh
    ini mobil sejaman ama impala gtu ya(60’s)…? beda jaman ama Kingswood, torana, premier, dan belmont yg 70’s… ane lbi suka yg 70’s soalnya

    1. hahaha, sekarang kepemilikannya udah dipegang om aye🙂
      ada rencana mau direstorasi, cuma lagi ngumpulin dananya, soalnya om saya juga pegang 2 mobil tua lain, yang sempet saya bahas, Willys dan Landie. Jadi dananya bagi2lah…..

      masih…..di garasi rumah kakek saya di Indramayu, sekarang rumah itu udah nggak ada lagi yang ngehuni sih.

        1. bisa dong bro, kan rumah kakek ane di Indramayu, kota kecil gitu, anak2nya dah pada keluar semua. Terus kakek ama nenek juga udah ngga ada. Terakhir2 kakek ada itu, udah tinggal di Bandung, kadang2 ke Indramayu buat nengokin rumah……..lagian masih ada bekas pembantu yang suka ngebersihin rumah itu.

          ahahaha, dah mati total, biarin deh bro, gapapa.

  4. haloo oom..
    masi inget saya id dvalenz kaskus..
    ternyata punya holden jg ya..?
    kenapa gak dilanjutin maenan holdennya..
    hehehehe
    apa jangan2 situ udah temenan ama ane di FB nie..secara selain SSAR saya juga aktive di Holden Indonesia..

    Spesial EJnya masih mantebh tu bro..

    di rawat aja…

    gak terlalu boros kok..

    FYI torana saya bermesin lebih besar dr punya situ (173cu atau 2850cc) masih bisa menempuh 15km untuk 1 liter premiumnya..

    maennya gampang tinggal apgred pengapian aja..

    onderdil jauh lebih mahal SP FL saya dari pada ini torana..

    hahahahahha

    nice to meet you..

    BL:AAAAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRRRRRR

    1. Dvalenz….di SSAR bukan:mrgreen:

      hahaha, ini punya om saya bro, bukan punya saya, kalo dah ada uangnya sih rencananya mau dipugar…..BTW saya ngga aktif di Holden Indonesia, hehehe

      mantap! salam blarrrrrr🙂

      1. bener bro SSAR….
        diminta aja bro..
        hehehehe
        mumpung saat ini classic car lagi naik lagi..
        n holden dijadiin “pelampiasan” mereka yang gak kuat buat maenan real american muscle..
        so harga n prestise holden naek lagi..
        lagian PKB nya bersaing lho ama FLSP..
        hahahahhaha

        1. wah gak dijual ya bro..
          hehehehe
          ok dah kalo begitu..
          tu oom shogun110tromol dah dirawat aja nie mblnya..hehehe

          BDW HJ nya premy apa stato ni bro yuda

        2. ga enak bilang warisan, yaah punya bapak ane cuma karena sempet dititip ke saudara jadinya kurang bagus perawatannya. saat ini sih masih disimpen di rumah ane. rencananya kalo dana terkumpul dipakai ane karena bapak ane sudah pensiun, lebih suka disupiri….😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s