Susahnya Punya Motor Tua……(bag 1)

Si Item lagi-lagi bermasalah. Bermula pada suatu hari dimana si Item mengisi premium di pom bensin dekat kampus sewaktu pulang kuliah. Perjalanan dari kampus sampai rumah masih aman (jarak kampus-rumah deket, 8 kilo kira2). Seperti biasa, sepulangnya, motor dimasukkan ke carport, ngaso sejenak di teras nih ceritanya:mrgreen: Beres ngaso, lanjut masukin motor ke garasi. Tepat setelah motor masuk ke garasi, mesin tiba-tiba mati sendiri. Lho? heran kan, terus dicoba buat nyalain, tapi susah bener, sekalinya nyala, mbrebet trus mati tuh mesin. Curiga bensin jelek, maka dikuraslah tuh bensin dari tangki, dan disisakan sedikit. Setelah susah-payah, akhirnya motor berhasil nyala. Dan langsung tancap ke pom bensin yang jaraknya hanya beberapa ratus meter dari rumah (jangan ditiru, cuman pake helm fullface aja sama celana panjang, plus sendal, soalnya takut mesin mati lagi). Nyampe disana dan akhirnya motor diisi pertamax 2 liter, sambil sekalian ngebersihin ruang bakar pikir saya. Dan setelah coba diselah dua kali, akhirnya motor nyala lancar, gak ada masalah. Dan waktu di rumah dicoba pun gak ada masalah. Udah merasa lega nih ceritanya.

Gak taunya, besok (hari Jumat kemarin)tuh motor ngadat lagi, akhirnya kuliah pake dianter ortu, jiakakakak:mrgreen: kebetulan karena kuliah jadwalnya ngacak (jam 7 dan jam 1 siang), jadi waktu sela dipakai buat angkut tuh motor diangkut ama Kijang milik ayah saya ke Suzuki Pajajaran, seperti biasa. Dibongkar deh itu motor,  setelah diliat, pilot jet mampet, karbu banjir, akhirnya bersih-bersih deh, liat busi basah kena bensin (mungkin karena pas ngadat kedua kalinya itu, motor diselah terlalu banyak, jadi banjir), akhirnya ganti busi standar FD110 (NGK C6HS).

Servis bersama kembaran beda tahun, si FD110XSD

lagi servis masih sempet-sempetnya mejeng juga:mrgreen:
Iseng-iseng ngelirik XSD belepotan di sebelah, ternyata udah aplikasi cakram belakang, jadi iri😦

Udah greng, nyala lagi gak ada masalah. Dan dengan PDnya berangkatlah saya ke kampus untuk  menghadiri kuliah Biologi Genetika. Masuk ke parkiran kampus, lho?? kok motor mati sendiri😯 berhubung sekitar setengah jam lagi kelas dimulai, jadi terpaksalah si Item ditinggal di parkiran (dipikir-pikir, kok hoki banget yah bisa mogoknya di parkiran:mrgreen: ). Aneh sih, padahal pas lampu merah deket kampus, si Item dimatiin, kemudian dinyalakan dengan lancar tanpa ada masalah……

Nah, pulangnya ini yang bikin saya sebal setengah mati. Motor benar-benar ngadat seperti hari dimana isi bensin. Sekalinya nyala, susah bener stasionernya, dan kalau digas sedikit aja, mesin langsung mati. Gak pernah si Item kayak gini sebelumnya (selama sepuluh taun gak ada masalah tuh). Pulangnya, bener-bener konyol, karena dipikir-pikir gak ada jalan lain, akhirnya telepon ke rumah, minta diangkut itu motor. Dan yang datang memang ayah saya, dengan Panthernya (Kijang lagi dibenerin bodinya karena di hari itu juga, kena tabrak orang sampe ringsek bagian kanan depannya😦 ).

Dan motor diangkut ke kabin belakang Panther kotak ayah saya dengan susah payah, dan bisa muat juga:mrgreen: akhirnya pulang dengan hati dongkol😡

lanjutannya ada di postingan bagian dua:mrgreen:

37 pemikiran pada “Susahnya Punya Motor Tua……(bag 1)

  1. wah, cobaan nya bertubi – tubi… Penasaran brooo masalahnya ada di mananya… Barangkali beberapa taun mendatang si revi juga ngalamin hal yang sama:mrgreen: .
    ➡ ditunggu bagian ke – 2 nya😎 .

  2. weee
    bner2 mirip sama
    astrea star 87 ku waktu pertama2 ta’ bawa ke sekolah( tahun 2004)
    persisi gitu masalahnya
    akhirnya minta ganti karbu

    akhirnya
    beli karbu supra x
    yang KW
    tapi sampe sekarang udah gak ada masalah
    tuh masih jalan dirumah:mrgreen:

    1. orang kaya? kalo ngomong harus liat langsung bro:mrgreen:

      mobil sih dua, kalo liat keadaannya? dua2nya udah 10 taun keatas, dan jarang banget diservisnya, cuma bikin mumet aja :mad:kenapa jarang diservis? ya kembali ke masalah finansial ortu, apalagi abis bayarin ane kuliah

      buat ngridit Titan aja ane kasian ama ortu😦

      EX250? FU150 aja gak kebli😦

  3. yah, namanya juga miara barang tua jadi dinikmatin aja. Seperti sayah miara 2 vespa dan 1 satria yang boleh dibilang semua keluaran tahun jebot, jadi mengetahui sedikit trouble shooting tunggangan pribadi merupakan keharusan, kalo sewaktu2 ngadat dijalan udah tidak panik kecuali kalo pas ndak kebelet pup ajah😀.

  4. wah punya shogun kebo ya masbrow… gw ada suzuki tornado gs taon 2000, masih cakep larinya. masih sanggup mengasapi motor2 125cc keatas. kalo ganti kampas kopling diatas 150cc deh… xixixixxi semua masih std cuma ya itu… yang sering masalah ya paling ban bocor… maklum ban bekas… xixixixi… kalo mogok selama 12 taon cuma 1x itu juga karena bensin oplosan dan olsam yang murahan…
    yah ini motor tua gak bakal di jual. rencana juga mw di restore lg biar jadi kek baru lagi, ganti kopling tangan, knalpot racing, 5 gear, biar mantep. pake kalo perlu aja…. ya oldies is goodies…

    dulu waktu mw beli sempet pengen shogun kebo tapi di deler waktu itu gak ada stok lagi kosong ada nyisa 2 motor tornado item n ijo lumut, ya udw terpaksa ambil tornado gs warna ijo lumut. akhirnya di bawa kerumah setelah masa inreyen lewat, ane sempet geber di spido tercatat menempuh 125-128kpj.. gas masih sisa banyak tapi nyali dah ciut… wkwkwkwkwkwk… baret pertama di motor ketika kaka naek nih motor kemall pas pulang menuju gang (agak menanjak) ama dia di betot full di gear 1, alhasil motor melayang ke pager orang nyangkut n dia sendiri nyemplung ke got… setelah itu banyak juga jatuh dari motor akibat tromol belakang yang kurang ngigit… yah sampe sekarang… restorasi taon ini akan terjadi bro…

    met restorasi motor nya om… shogun kebo dan tornado gs adalah salah satu legenda motor kencang pada jamannya…

    salam pencinta motor tua

    1. nope….Shogun gw Shogun FD110XD, kalo kebo itu FD110CDT-CDST……

      2 tak broo…..gak perlu disebut itu sih…….Shogun ane juga kalo disuruh ngasepin bebek2 125 cc juga masih lumayan bejaban (di tarikan atas)…..

      beli ban baru bro:mrgreen:

      kalo kopling tangan handmade, biasanya kurang presisi, ujung2nya mesin panas….maksudnya pake yang emang dah jadi aja bak koplingnya, soalnya bak kopling modifan biasanya gak terlalu bagus.

      ngga heran juga bro……Shogun kebo bisa nyampe 120 kpj standaran, sodara 2 taknya yang lebih powerful pasti bisa lebih.

      salam bro😉

  5. Salam pengguna mongthor tuwir2 :DDD

    Meski tuwir yg penting punyanya halal :DDD

    Ane punya superCub 700 bekas mama ane :DDD sudah full restorasi lari ampe 60an sudah kuad tapi gax nahan geterannya :DDD
    Dan seremnya…….. (Jeng jeng jeng jeng) cuma ganti kampas kopling… Akselerasinya hampir gax iso ditahan rem depan brow… Harus teken kopling ataw dibantu rem blakeng :DDD (recomended bwat mongtor tuwir)

    1. udah pasang kopling manual ya mas?

      *kalo soal akselerasi-akselerasian sih saya ngga begitu ngerti😀 soalnya patokannya ngga terlalu jelas juga

      cuman, kalo ngehentak sih memang, mesin C70 menghentak pas masuk gigi, udah itu ya……lelet:mrgreen:

  6. Ada kendala pada suzuki kebo saya , entah kenapa motor pas di masukin gigi motor langsung mati mendadak , dan bensin pul ga ada masalah , di gas juga bagus, pas giliraan mau jalan oper gigi mati , jadi bingung jadinya weleh-weleh sikeboku, aku mau minta pendapat gmn caranya betulin itu motor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s