Ganti Kampas Kopling si Item

Setelah lama bener gak posting tulisan, akhirnya ada sesuatu yang bisa dijadikan inspirasi:mrgreen:

Memulai tahap pembongkaran😀

Hari Kamis tanggal 24 November lalu, si Item servis rutin dua bulanan, ganti oli, setel klep, dan sebagainya. Kebetulan ada rasa penasaran juga, motor ini kan sudah berumur 10 tahun, jadi sudah pasti ada yang harus diganti. Kebetulan servis-servis yang lalu sama sekali gak nyentuh sektor kopling, jadi ingin tahulah, apa harus diganti atau ngga itu kampas.

Akhirnya saya minta juga mekanik beres langganan saya untuk test ride si Item, dan setelah test ride, katanya angkatan masuk gigi 2 kurang enak, kayak bergetar gitu, dan disinyalir masalahnya itu bener di kampas kopling, tenaga juga berasa kurang (kalau ini saya sebenarnya kurang merasakan sih, soalnya motor ya gitu-gitu aja sih). Apesnya, saat itu saya lagi gak bawa duit lebih, duitnya cukupan buat servis rutin sama ganti oli aja.

Akhirnya, saya bertanya ke front desk dealer yang bersangkutan, bolehkah ngutang sebentar, hari Sabtu duitnya bakal tak bayarin:mrgreen: ehh…..beneran bisa😀 kebetulan emang saya udah langganan di beres sana sih, jadi mungkin dipercaya……Item kampas kopling itu berjumlah 5 biji, seharga 286rb (muahal, duit deui yeuh😦 )

si kampas yang harganya bujubuneng😦

Dan dibongkarlah itu blok kopling si Item, kebetulan bongkar-bongkarnya lumayan lama juga, knalpot dilepas, footstep dilepas. Waktu melirik kampas lama, sebenernya sih masih ada tapaknya itu kampas, kan kopling otomatis lebih terbantu dengan kopling ganda. Bener aja, setelah ngelirik kampas lama, gantian si kopling ganda yang dilirik, dan memang si kopling ganda udah kegerus, termakan usia😦 (wajarr….10 tahun😆 ). Akhirnya saya putuskan nanti saja ngeganti itu mangkok kopling ganda, soalnya harganya gila-gilaan😡

jeroan mulai dibuka, keliatan kan kopling dan kopling gandanya
bagian dalam blok kopling........
masih sama.......penampakan bagian dalam blok kopling sekaligus sisi kanan crankcase
Keadaan si kampas lama, masih ada tapaknya, dibawa 95 pun masih bisa:mrgreen:
mur, baut, serta gir-gir yang menumpuk di baki pembersihan

setelah beres lalu test ride. Si pak mekanik sih katanya sampe bisa jemping pake nih motor. Dan setelah saya coba, bener, tarikan terasa lebih enak. Besoknya, perjalanan ke kampus, diujilah tuh kampas baru. Hasilnya? 100 kpj lebih dikit:mrgreen: lumayan buat motor tuirr…..

Lalu, kebetulan karena hari Jumat besoknya saya ada waktu sesudah kuliah, saya lunasi juga itu kampas, gak perlu nunggu Sabtu lagi, pengen nyantai aja ah hari Sabtu abis kuliah jam 9:mrgreen:

Mungkin itu aja sih, yang bisa saya posting kali ini. Waktu kemarin saya ke beres ini juga, saya mesen item-item yang berhubungan dengan proyek cakram. Dan item-item tersebut antara lain adalah kaliper FL125, master rem FD110, piringan cakram FD110 New, dan brake hose FL125. Mudah-mudahan inden part-part ini tak selama inden yang sudah-sudah:mrgreen:

Cukup sekian deh, mohon maaf kalau gambarnya kurang jelas, memang tulisannya kurang jelas, kayak yang nulis:mrgreen:

salam:mrgreen:

69 pemikiran pada “Ganti Kampas Kopling si Item

    1. setuju om, serem juga kalo masih pake yang lama, padahal memang masih dalam keadaan bagus juga sih yang lamanya:mrgreen:

      klo motor kopling mungkin lebih cepet lagi ganti-gantinya, bisa 3 tahun sekali:mrgreen:

      thx kunjungannya😀

    1. dibaca2 dulu postingan saya sebelumnya masbro, yang pegang motor ini dulu bukan sayah, ini motor pegawai😀 jadi gak ada perawatan memadai

      kalau saya yang pegang sih, 5 tahun sekali lah, lagian di motor bebek sebetulnya masih ada lagi yang lebih krusial dari kampas kopling, yakni kopling ganda, ini bagian yang saya belum ganti (udah kegerus)….taun depan mungkin ganti, pake punya indopart aja deh:mrgreen:

      lagian coba diliat foto di atas, kampas lamanya masih ada tapaknya, belum rata:mrgreen:

      klo motor kopling, ganti kampas itu jadi rutinitas, soalnya kan gak ada double clutch alias kampas gandanya…………minimal 2-3 tahun sekalilah

    1. ahahaha, siap om, paling banter sekarang juga 80an, 100 kpj kemarin itu cuman nguji aja, pas jalan sepi…..gak lagi2 dehh

      makasih ya om sudah diingatkan

      gak kebayang kalo mangkok kampas gandanya diganti, seher dan ring seher ganti, tarikannya kayak apa yah?😀 mungkin 120 kuat

  1. Mahal brooo… Tapi memang sebanding ama kualitasnya lagh kalo bisa tahan 10 taun… edan tenan… Disinyalir, kalo si shogun item bener – bener sehat, bisa tembus 105 km/jam tuh… Diasepin dah ane…😀

        1. kan basisnya Star CX ya C100 yang 97 cc:mrgreen:

          satu lagi, soal deviasi spidonya sih masbro, kayaknya spidonya motor2 pada gak akurat semua:mrgreen:

          cuman, yang ane denger sih, spido motor bebek yang lumayan akurat itu yang standarnya buatan VDO, ya Shogun 110 dan Shogun 125:mrgreen: katanya sih setelah diuji di GPS, deviasinya gak terlalu gede

        2. Shogun 125 apa dulu bro…..klo Shogun yang dikasih spido sutandar Siemens VDO cuman FD110 New (Shogun 110 New), sama FD125XRM alias Shogun 125 SP….

          Shogun kebo, Shogun 125R, ato New Shogun 125, baik yang R, RR, maupun SP, semuanya pake spido biasa

          klo emang bener pake SP dan bisa 120, tak kasih jempol, tapi ati2 masbro:mrgreen:

  2. si Kalkun (kristal kuning) biarpun pake kopling manual tapi 8 tahun baru ganti kampas (oli mesin pake mesran B-40). pertama ganti asli SGP harganya cuma 56 ribu, yang terahir ganti 2 tahun lalu dapat harga 230 ribu asli SGP. Sekarang masih punya 1 set buat cadangan, karena sadar kalo nanti waktunya ganti bakal susah cari kampas kopling ori si Kalkun.

    1. pake kopling manualnya dah brapa taun om? aslinya kopling sentrifugal kan?😀

      ehhehehe…….berjaga2 memang yag terbaik:mrgreen: apalagi merek macem Sijuki, klo udah inden, makan waktu sebulan juga bisa😯

  3. em ganda,a pnya qu udh tak kasih gear depan udah kepaten gk bisa di ubh2 lagi , emang piringan kamps gnda brpa hrganya brai ,,? bosen pke kopling kaki , suka macet , tpi tarikan joos kok

  4. he,em bro bner kampas kupling lo gon aq tk bri pnya,a shogun125 trus pir gigik aq pke pnyanya jupiter , krbu cuma rymeran piston cuma pke thander klep pake mio ,ggik rasio pke pnyanya jupiter ,, rasio,a kmaren dpet yang murah mrek,a faito , cama kwahara , tpi cek tk pke kwahara,a ,, 2 ggik rasio cuma 2jt doang ,,, tpi kok mesin msih aja gak mau lari , ggik 2,a aja jmping pling cuma 30cm , udh prnh tk coba ama ninja stndran masih aja mnang tpi cma ckita 2 mter ama nnja,a , tlong bro solusinya apa ya biar motor,e bza knceng gitu , qi mtor,e vega latin 2006,, tolong komntr,a ya brai ,,,,,,

  5. salam kenal om, ane user shogun 110 thn 2003 (velg enkei, cakram depan). Mau tanya, ane lg pusing nyari kampas kopling, plat gesek, kopling sentrifugal & mangkok SGP. Apakah klo ke- empat- empatnya saya ganti Indoparts masih cukup bagus durability-nya ? (Saya hanya pakai untuk harian)

    1. salken juga om, wah pelek CW ya…..dipelihara ya om, mahkluk langka itu🙂

      kalo keempat empatnya diganti indoparts, saya engga terlalu tahu euy, lima tahun ini kalo ganti pakai SGP terus….oli pakai SGO (sebenernya karena males cari oli aja itu mah :P)

      domisili dimana om? biasanya suzuki ada supplier khususnya utk tiap kota (selain dealer), misalnya maju motor di Bandung, ato kalo online boleh coba cari arieajalah @kaskus, saya langganan sparepart di dia, sejauh ini udah beli pelek, tromol, jari-jari, cakram, bodi, mika lampu depan belakang, biasanya dia bisa sedia-in🙂

  6. ok mas trims,bsok saya cek nya..
    kl di prodo kopling nya kira2 ber masalah gk tu mas,mslah nya saya tanya ke bengkel org bkl bkang nya prodo nya,tp saya kurang yakin mas..

Tinggalkan Balasan

