Proyek Cakram Yang Sempat Tertunda…..dimulai kembali!

Beberapa waktu yang lalu, di satu postingan saya, saya menyatakan akan menukar sistem rem Smash FD110XCSD (yg sekarang dipegang pegawai ayah saya), dengan rem Shogun FD110XD saya yang masih tromol:mrgreen:

Namun, berhubung banyak faktor yang menghalangi rencana itu (motor dipakai pegawai tiap hari buat ngirim barang, misalnya), maka saya menempuh alternatif yang mahal dan memakan waktu lama….tapi yang penting aman:mrgreen:

Alternatif nekat saya adalah, membeli part-part yang dibutuhkan secara mencicil. Partnya saya pesan dari dealer resmi, sehingga terjamin kualitas dan keamanannya (dan kemahalannya, bisa-bisa duit yang dikeluarkan sampai ke angka 2 jutaan:mrgreen: ).

Langkah pertama adalah, membeli sokbreker yang sudah memiliki dudukan untuk kaliper dan kabel rem. Dari situ, saya diberi alternatif-alternatif seperti sok depan Smash FD110XCSD, sok depan Shogun FD110XSD (New Shogun 110R). Mulanya sudah yakin dengan sok depan Smash, tapi setelah itu saya melihat sebuah Shogun FD110CDST (alias Shogun Kebo R). Dan ada sesuatu yang menarik perhatian. Bagian sok depannya tidak seperti bebek pada umumnya (ada sambungan ke as roda). Di Shogun kebo ini, dudukan as langsung berada di ujung bawah sok. Tipe sok seperti ini biasa dipakai di motor-motor batangan dan bebek sport (seperti Satria RU120 atau FU150). Disinyalir mampu memberikan motor kelincahan, kestabilan, dan kegesitan (kayak promosi aja:mrgreen: ).

Jadilah saya pesan sokbreker untuk Shogun kebo. Pertama-tama saya diberitahu bahwa harganya 700rb satu pasang (Damper Assy L/R). Buset juga😯 tapi karena udah ngebet ya pesen juga dahh (saya pesan yang warna silver)😆 Namun nunggu part ini datang memakan waktu yang lamaaa😡 Kabarnya sih karena part lama, jadi gak ready stock. Malah katanya part ini dicetak kalau ada pesanan saja😯 lagipula jarang-jarang juga motor ganti sok depan.

Akhirnya, setelah tanggal 8 Agustus saya pesan, pada 5 Oktober datang juga (kebetulan tepat hari ulang tahun ayah saya:mrgreen: ). Whew, nunggu 2 bulan, kayak inden motor aja:mrgreen: untung gak mendesak kebutuhan partnya. Nahh….dealer ini menelpon saya waktu saya ada di kampus (tepatnya beberapa jam sebelum UTS😆 ), katanya yang ada warna hitam, yang silvernya sudah tidak diproduksi lagi. Walah, trima gak yah? akhirnya karena sudah menunggu lama, saya terima saja. Dan katanya yang warna hitam ini 100rb lebih murah dari yang silver (disinyalir beda tempat pembuatan, yg item ini dari Thai, yang silver kemungkinan masih jepun punya). Setelah pulang kampus sehabis menghadapi UTS, saya pun meluncur ke rumah untuk ngambil tabungan😆 istirahat sebentar, dan langsung cabut ke bengkel. Dan barang yang dimaksud tercantum gambarnya di bawah ini…..

Label shipping dan pengiriman sok depan sebelah kanan
ini dia mahkluknya:mrgreen:
Label shipping dan pengiriman sok depan sebelah kiri
Saudara kembar mahkluk pertama😆
Damper Assy L/R, harga pasnya 580rb, lumayan juga, gak semahal si silver yang 700rban

Proyek yang memakan biaya besar ini saya mulai dari langkah kecil, ya dari membeli sok depan dahulu. Menyesuaikan kondisi keuangan:mrgreen: mau sekaligus beli sebenarnya bisa saja, tapi sama saja dengan mengosongkan seluruh tabungan😯

Rencananya bulan depan mau ganti pelek set belakang dahulu (rim sudah peyang dan jari-jari sudah bengkok semua, tromol sering ngunci sendiri👿 ). Bulan depannya lagi, baru saya order master rem dan kaliper ori Shogun 110R. Doakan saja supaya semuanya berjalan lancar, salam:mrgreen:

76 pemikiran pada “Proyek Cakram Yang Sempat Tertunda…..dimulai kembali!

  1. Woh, anyar maneh… Disinyalir bakal jadi motor lama tapi baru iki…. 2 juta jek dibelain…🙂

    *jangan panggil konohawarrior “Om Felix” ! hahaha… dia masi seumuran ama kita brooo… Kelahiran 1992, hohohoho…😀

    1. wakakakak, sekarang aja mungkin udah keluar duit segituan jg kalo diitung2 dari ngebenerin pas awal2……….

      coba deh baca2 entri2 blog awal saya, pas masih jelek2nya itu motor:mrgreen:

      wahahaha, kebiasaan panggil om2 sih saya😆

  2. widih maenannya full OEM, salut salut. pulsar saya dah ga perawan. spion, handle kopling + dudukannya pake punya yamaha punya. per standar samping, sproket pake honda punya, gir depan dan rantai pake suzuki punya. Kurang part dari kawasaki & TVS aja nih. lengkap dadi motor gado2 AISI:mrgreen:

    1. xixixi, saya juga males, tapi berhubung gak darurat kebutuhan partnya, ya tunggu aja, toh proyek jangka panjang

      klo part yg diinden bener2 dibutuhin (harus ada buat make motor), nunggu dua bulan sih keburu busuk dulu motornya:mrgreen:

  3. sebenere bisa hunting di loakan atau fi jb kaskus sapa tau ada yg jual,heheh tp klo 500rb sih masih terjangkau lah, habis ganti cakram, rim trus motor di repaint makin kerennnn dahh ntar

  4. woi
    gimana om proyeknya????
    udah jadi apa belom???
    request om
    pringan cakramnya sekalian yang gede….
    tadi barusan cek di champion motor
    ada cakram gede 260 rb udah sama dudukan yahud punya
    udah ada ruang pemuaiannya (bukan accesoris doang)
    yang 390rb ada juga tapi blom sama dudukan modelnya di jamin bikin iman rontok:mrgreen:
    ayo om posting lagi

  5. wah ane baru ngeh shock shogun kebo ternyata model as-nya sama kaya satria RU🙂

    btw, ukuran tabung nya sama kah sama yang RU bro?

Tinggalkan Balasan

