Geng Pelahap Lumpur

Two legends

Kali ini saya ingin menyajikan tulisan yang berbeda dari yang biasanya:mrgreen: Karena biasanya kan tulisan mengenai R2, sekarang melenceng dikit nihh.

Jadi, ceritanya paman saya yang bekerja di Medan dipindah ke Jakarta. Berhubung barang-barang yang dibawa dari rumah lama gak cukup ditaruh di rumah dinas baru, jadi barang-barang itu sementara dititipkan di rumah keluarga saya yang kosong. Nah, selain barang-barang seperti rak-rak, pigura, meja, dll…….ada juga yang unik yang dibawa ke sana………

Pertama, tentunya Suzuki TS125 tahun 2003 yang dimiliki saudara saya, yang telah saya tulis di postingan sebelum ini. Nah, paman saya ini memang hobi segala sesuatu yang berbau off-road, dari muda malah. Sempat punya Yamaha (kayaknya DT), dan FJ40 Hardtop (yang borosnya kayak truk pasir). Lalu setelah ditugaskan ke Medan sekitar 20 tahun yang lalu, Hardtopnya dijual, sedangkan si Yamaha udah lama dilego sebelumnya karena masalah tangki bocor (noh, bukan cuman Tigor ama Megapro aja yang tangkinya bcor:mrgreen: )

TS nangkring samping Will

Setelah dipindahtugaskan, ksenangannya akan otomotif segala medan tidak hilang. Kemudian, saat ada rejeki, iseng2 dibelilah jip tua yang keadaannya sudah tidak layak lagi, jadi sekalian aja proyek restorasi.

Pertama adalah Land Rover yang bertahun 1978. Mobil ini memiliki isi silinder sebesar 2286 cc, bahan bakarnya bensin. Jip berwarna krem kekuning-kuningan ini sebelumnya belum pernah saya lihat, karena saya juga belum pernah ke Medan. Baru kemarin ini, saya bisa melihat, seperti apa sih jip yang paman saya punya🙂 Kebetulan sekalian nengok rumah juga, dan sekalian memanaskan mesinnya. Sekali starter, mesin langsung menyala. Wah, suaranya khas jip, keren….kapasitas juga besar, pasti boros kalau dibawa dalam kota Bandung:mrgreen:

setelah dibuka kap mesinnya, ternyata mesin 2.268 cc milik Landie ini adalah bekas kepunyaan sebuah Toyota Land Cruiser, mesin tersebut berkode 2F………….

Bagian depan Landie, gak bisa difoto full bodi karena garasi sempit
LRCM, hehehe:mrgreen:
Kokpit Landie:mrgreen: kalau dilihat baik2, setirnya punya Honda Integra😆
Panel Instrumen Landie
Lumayan lengkap untuk ukuran jip tua:mrgreen:
interior Landie dari belakang
Pelek Landie, kemungkinan punya Land Cruiser, karena ada tulisan TOYOTA
Buritan Landie
"Land Rover-Camel."

Kedua adalah Willys bertahun 1951. Mobil ini kemungkinan ditemukan dalam keadaan bangkai. Mengapa? ada alasannya. Pertama, saat STNK tiba di rumah saya, saya menemukan suatu hal yang ganjil. Nomer mesin berkode 5K. Lalu di isi silinder juga, saya lihat kapasitasnya 1486 cc. Wah, pasti udah diswap sama mesin Kijang:mrgreen: entah 5K Silvertop  atau 5K Redtop. Dan memang benar, waktu saya dapat kesempatan untuk membuka kap mesinnya, saya dapati 5K Silvertop bersarang di sana. Sepengetahuan saya, namanya 5K Silvertop itu torsinya kurang bener (dbanding Redtop), jadi mungkin mobil ini hanya dipakai keliling kota, sebab kalau dipakai di medan berat, mesinnya kurang kuat. Tapi tak tahu juga kalau mesinnya sudah diganti-ganti komponennya. Nah, masalahnya mobil ini tidak mau nyala. Masalah ini sudah ada dari pelabuhan (tempat 2 jip ini tiba dari Medan). Si Landie menyala dengan mudah, sedangkan Willys bahkan tidak bisa ngontak. Dan masalahnya juga masih ada sampai kemarin, sehingga Willys tidak bisa dipanaskan.  Mekanik sih sudah dipanggil, tapi belum bisa datang karena sibuk. Jadilah si Willys mangkrak. Sekedar tambahan, Willys ini kemungkinan dibiarkan orisinil, karena saya dapati bodinya banyak cacat, berkarat, dan gores (tidak semulus si Landie)…..

Si Will🙂
5K Silvertop:mrgreen:
Will's winch
Panel Instrumen Will
Will's dash-simple and functional
Sertifikat tanda identitas kendaraan:mrgreen:
Pelek si Will, kalau kelihatan, si Will udah pake cakram, jadi iri:mrgreen:

sekian deh, salam:mrgreen:

Eh iya, tambahan keadaan TS saat ini:

TS dlihat dari Will
Tampak belakang TS
Tampak depan TS
panel instrumen TS

masih sama seperti dulu, tapi kali ini gambarnya lebih bagus karena pakai kamera digital

24 pemikiran pada “Geng Pelahap Lumpur

    1. ngga kok Rey, gua pake photobucket, di gua bisa muncul tapinya, di lu napa gak bisa ya?😦

      hahaha, koleksi om gua, dia mah niat restorasinya, gua mah restorasi FD110 aja gak beres2😆

      iya tuh, Landienya alus mesinnya pas dinyalain🙂

    1. heheheh, memang om saya gemar sama hal2 berbau segala medan…TS yang di atas itu punya anaknya…jadi nurun:mrgreen:

      dari kecil memang om saya suka memimpikan punya kendaraan segala medan, dan syukurlah, semuanya terwujud….dream…..believe it……..make it happen:mrgreen: mimpi memang punya kekuatan yang sangat dahsyat……

      bahkan mobil dinasnya pun Pajero Sport om, Camrynya dibalikin ke kantor, hehehe……mungkin gak kuat lama2 pake sedan, wakakak………

    1. hehehe, saya juga termasuk yg beruntung bisa dapet lungsuran barang eksotiss:mrgreen:

      eh iya, saya juga naksir tuhh….Satria om, wakakak, Satria RU lawas memang keren🙂

      sbenernya sih saya lebih suka Satria RU120 daripd TS125, gara2 tinggi badan yg gak memadai ajah, xixixi:mrgreen:

Tinggalkan Balasan

