*FYI:postingan ini 100% postingan baru karena postingan yang isinya sama dengan ini mengalami masalah coding dan dibuang ke tong sampah. Jd yg udah komen sori yah komennya ilang
New Shogun 110 yang sejaman dengan milik saya, biasanya disebut New Shogun R. Knapa? karena versi tromol memang jarang ada. Dan seumur-umur saya bahkan baru lihat 1 unit yang tromol (atau mungkin karena sayanya saja yg kurang perhatian) selain yg punya saya. Tentunya yang versi New Shogun yah…..Kebetulan Shogun 110 saya juga dapatnya dari undian sebuah bank.
Selain itu, mempertimbangkan pada aspek keamanan juga, sejujurnya memakai rem tromol itu beresiko bagi yang belum tahu cara meng-handlenya. Termasuk saya yang masih belum terlalu piawai dalam memakai rem tromol. Nah, Shogun 110 sendiri bukan motor lelet yang tenaganya bisa diredam secara optimal memakai rem tromol depan belakang. 60 kpj bisa diraih dengan mudah dan masih ada sisa gas lagi di gigi 3, mungkin 100 kpj bisa (tapi selama ini braninya sampe 60 kpj aja, toh ngapain ngebut-ngebut). Pengalaman memakai Shogun tipe langka ini, rem tromol depan ibarat hanya mengurangi kecepatan saja, pengereman mendadak sih beresiko. Klo rem tromol belakang sih rasanya masih bisa ditolerir lah, kan pengereman belakang sendiri tak terlalu signifikan dibanding pengereman depan.
Sedangkan pegawai ayah saya yang sekarang memakai Smash cakram saya, udah biasa megang motor tromol. Sedangkan saya biasanya pake rem cakram. Nah, maka dari itu, ada rencana untuk tukar sistem rem Smash FD110XCSD itu dengan sistem rem Shogun FD110XD saya. Sewaktu tanya-tanya di dealer mengenai masalah itu, ternyata part-part Smash FD110XCSD itu bisa nemplok di Shogun, soalnya partnya (tidak semua) masih ada yang kodenya sama dengan Shogun FD110XSD alias Shogun R. Bedanya itu di tromol dan cakram, kalau tromol Shogun R lebih tipis, karena cakramnya sendiri menjorok ke dalam, tapi lainnya sama. Master rem kodenya sama, begitu juga kaliper, dan forknya juga bisa diaplikasikan ke Shogun, karena punya basis yang sama.
Jadi, rencana awalnya, Smash ambil sistem rem Shogun, termasuk juga batang sok dan rim serta tromolnya. Sehingga menjadi Smash R, tapi tromol Sedangkan Shogun akan mengambil komponen Smash berupa batang sok (dalamnya akan diganti/direkondisi), kaliper (kampas rem baru diganti), master rem (ganti handel karena bengkok, lihat di gambar atas, ganti minyak rem juga), lalu kalau bisa handelbar juga ambil dari Smash kalau pas. Mengenai tromol dan cakram, supaya kelihatan khas Shogun R (karena beda, cakram Smash pipih), maka akan diganti dengan ori Shogun FD110XSD. Tapi belum tahu juga realisasinya kapan, soalnya si Smash dipake terus tiap hari buat antar-antar barang. Mudah-mudahan nanti ada waktunya
PERTAMAXX
salah satu jagoan bandel suzuki bro,keluarga ane FBS sejati kecuali saya
ane dan keluarga miara suzuki rc series(80,100,110) pindah merk karena sport suzuki sudah out of date.sayang sekali……
salam kenal dan
SALAM KARET BUNDAR
yup btul, motor ini bandel sangat, dipake nguli bertaun2 anter2 barang dan jarang rewel. Wktu servis besar aja gak ada yg harus diganti kecuali sil dan paking2, padahal udah bertaun2 gak diservis itu motor.
yup, Suzuki Indonesia sekarang lagi stagnan, smoga nanti bisa sadar lagi…..
turut menyimak bro
ok broo 🙂
Sekalian direpaint ulang…dijamin josss
mau ganti bodi aja ahh
biar makin joss…..
Salam kenal….
Ane pernah punya karisma tromol.
Yup…. Ane setuju… Bahaya… Kalo ga tau caranya…
Ane pernah hampir mati, ga bisa ngerem…. Krna ada motor keluar dr gang langsung ngebut.
salken juga bro 🙂
bener bgt, emg beresiko dipasang di motor kenceng macem Shogun 110
Dan emg gak bisa ngerem mendadak, pasti ada jedanya, gak bisa pakem kayak cakram, itu dia bahayanya……
weh mantep nih projectnya
doakan semoga cepat terealisir bro 🙂
hari minggu senin ini kan libur 2 hari bro, langsung eksekusi saja
wkwkwk, gak bisa saya, saya ada masa orientasi mahasiswa baru di kampus. Gak tau tuh napa gak libur………….
persis koyok shogunku
sip
eh ada Cafebiker
thx udah berkunjung, persis Shogun ente toh? 🙂
ENJIN SWAP FD XRM
ga mau ah
the original FD110XD udah terbukti tangguh (samalah tangguhnya dengan si FD125XRM) 🙂
salammmmm kenallll om dari http://remcakram.wordpress.com
salam kenal juga om remcakram 🙂
makasih dah mampir, sering2 dateng y, xixixixi
wah project bagus sob..butuh bntuan call me.. 🙂
motor pertamax ane juga shogun tapi warna biru sob..
btw numpang tukar link boleh sob
hhaha, thx bro, thx dah berkunjung, doain aja mudah2an berhasil
Shogun 110 juga kan? hidup FDXD!
tuker link? bole2 bro, tp ente duluan
suzuki fans sejati.. nice move
xixixi, ane emg condong ke FBS
yg lain mau ngeluarin apa, ane ttep SUZUKI, haha
jadi inget astrea star, remnya tromol juga.
kalo ngerem depan, roda depan bisa naek-turun
salam kenal 🙂
eeh ada si oom, hehehe.
Iya tuh, suspensi depan masih kayak C70, sistem trailed link klo gak salah, belum teleskopik. C70 ane jg gitu, aneh bener pas ngeremnya
salam kenal oom, thx dah mampir 🙂
ganti tromol’e ninja mas bro, sekalian seng ada cakram’e… juosss… (tampilane, nggak tau kalo performanya)
saya sih OEM Suzuki aja deh, perhitungan kecocokannya lebih pas, soalnya emg didesain buat Shogun 110
wew, mau mutilasi/kanibal si smash nih.. syeremm.. aniwey smoga berhasil projek kanibalnya ya sob
wwkkwkwkw, setelah dipikir-pikir lagi sih, akhirnya proyeknya gak jadi gak tega sama Smashnya
jadinya saya nyicil part Shogun 110 ori aja deh 🙂 mungkin setaun lagi baru bisa jadi Shogun 110R 😆
Semangat bro. sesama penumpang shogun 110, tapi ane yang versi R
sip masbroo
FD110 memang tiada duanya
Proyeknya nggak jadi ??
nggak jadi pak, baca di artikel yang agak baru biar tau perubahan si proyeknya
emang bisa ya gan ??? setau ane diameter bottom shock smash ma shogun beda lho…smash 26,,shogun 27..
engga paham…karena emang ga jadi :p
*jadinya pake punya Satria R…dan segitiganya dibubut sedikit.