Mengenai Rencana Swap Sistem Rem dengan Cakram

FDXD
mejeng lagi ahh

*FYI:postingan ini 100% postingan baru karena postingan yang isinya sama dengan ini mengalami masalah coding dan dibuang ke tong sampah. Jd yg udah komen sori yah komennya ilang

New Shogun 110 yang sejaman dengan milik saya, biasanya disebut New Shogun R. Knapa? karena versi tromol memang jarang ada. Dan seumur-umur saya bahkan baru lihat 1 unit yang tromol (atau mungkin karena sayanya saja yg kurang perhatian) selain yg punya saya. Tentunya yang versi New Shogun yah…..Kebetulan Shogun 110 saya juga dapatnya dari undian sebuah bank.

Si tromol depan

Selain itu, mempertimbangkan pada aspek keamanan juga, sejujurnya memakai rem tromol itu beresiko bagi yang belum tahu cara meng-handlenya. Termasuk saya yang masih belum terlalu piawai dalam memakai rem tromol. Nah, Shogun 110 sendiri bukan motor lelet yang tenaganya bisa diredam secara optimal memakai rem tromol depan belakang. 60 kpj bisa diraih dengan mudah dan masih ada sisa gas lagi di gigi 3, mungkin 100 kpj bisa (tapi selama ini braninya sampe 60 kpj aja, toh ngapain ngebut-ngebut). Pengalaman memakai Shogun tipe langka ini, rem tromol depan ibarat hanya mengurangi kecepatan saja, pengereman mendadak sih beresiko. Klo rem tromol belakang sih rasanya masih bisa ditolerir lah, kan pengereman belakang sendiri tak terlalu signifikan dibanding pengereman depan.

rem tromol belakang, toh tidak begitu signifikan. Dan masih pakem pula.

Sedangkan pegawai ayah saya yang sekarang memakai Smash cakram saya, udah biasa megang motor tromol. Sedangkan saya biasanya pake rem cakram. Nah, maka dari itu, ada rencana untuk tukar sistem rem Smash FD110XCSD itu dengan sistem rem Shogun FD110XD saya. Sewaktu tanya-tanya di dealer mengenai masalah itu, ternyata part-part Smash FD110XCSD itu bisa nemplok di Shogun, soalnya partnya (tidak semua) masih ada yang kodenya sama dengan Shogun FD110XSD alias Shogun R. Bedanya itu di tromol dan cakram, kalau tromol Shogun R lebih tipis, karena cakramnya sendiri menjorok ke dalam, tapi lainnya sama. Master rem kodenya sama, begitu juga kaliper, dan forknya juga bisa diaplikasikan ke Shogun, karena punya basis yang sama.

Inilah si Smash FD110XCSD alias Smash 110R yang rencananya akan "dikorbankan":mrgreen:

Jadi, rencana awalnya, Smash ambil sistem rem Shogun, termasuk juga batang sok dan rim serta tromolnya. Sehingga menjadi Smash R, tapi tromol :mrgreen: Sedangkan Shogun akan mengambil komponen Smash berupa batang sok (dalamnya akan diganti/direkondisi), kaliper (kampas rem baru diganti), master rem (ganti handel karena bengkok, lihat di gambar atas, ganti minyak rem juga), lalu kalau bisa handelbar juga ambil dari Smash kalau pas. Mengenai tromol dan cakram, supaya kelihatan khas Shogun R (karena beda, cakram Smash pipih), maka akan diganti dengan ori Shogun FD110XSD. Tapi belum tahu juga realisasinya kapan, soalnya si Smash dipake terus tiap hari buat antar-antar barang. Mudah-mudahan nanti ada waktunya :smile:

34 pemikiran pada “Mengenai Rencana Swap Sistem Rem dengan Cakram

  1. PERTAMAXX
    salah satu jagoan bandel suzuki bro,keluarga ane FBS sejati kecuali saya:mrgreen:
    ane dan keluarga miara suzuki rc series(80,100,110) pindah merk karena sport suzuki sudah out of date.sayang sekali……
    salam kenal dan
    SALAM KARET BUNDAR

    1. yup btul, motor ini bandel sangat, dipake nguli bertaun2 anter2 barang dan jarang rewel. Wktu servis besar aja gak ada yg harus diganti kecuali sil dan paking2, padahal udah bertaun2 gak diservis itu motor.

      yup, Suzuki Indonesia sekarang lagi stagnan, smoga nanti bisa sadar lagi…..

  2. Salam kenal….
    Ane pernah punya karisma tromol.
    Yup…. Ane setuju… Bahaya… Kalo ga tau caranya…
    Ane pernah hampir mati, ga bisa ngerem…. Krna ada motor keluar dr gang langsung ngebut.

    1. salken juga bro🙂

      bener bgt, emg beresiko dipasang di motor kenceng macem Shogun 110:mrgreen:

      Dan emg gak bisa ngerem mendadak, pasti ada jedanya, gak bisa pakem kayak cakram, itu dia bahayanya……

  3. wah project bagus sob..butuh bntuan call me..🙂
    motor pertamax ane juga shogun tapi warna biru sob..
    btw numpang tukar link boleh sob:mrgreen:

    1. eeh ada si oom, hehehe.

      Iya tuh, suspensi depan masih kayak C70, sistem trailed link klo gak salah, belum teleskopik. C70 ane jg gitu, aneh bener pas ngeremnya:mrgreen:

      salam kenal oom, thx dah mampir🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s