Saya dengan FD110 Shogun

Banyak pencinta otomotif Indonesia yang menyatakan bahwa salah satu bebek 4 tak yang melegenda adalah Suzuki Shogun FD110. Kemampuan mesin dengan bore x stroke 53,5 x 48,8 ini tergolong cukup mumpuni untuk mengasapi bebek sekelas pada masanya.  Faktor pertama tentunya karena kapasitas silinder yang terbesar pada masanya (1995-2003). Faktor kedua jelas karena jenis mesinnya yang tergolong overbore. Karakter mesin overbore jelas kuat di top speed dan putaran atas, sehingga jago ngebut jarak menengah sampai jauh, tapi jelas ada kelemahannya, yaitu tarikan yang kurang di putaran mesin bawah, namun pada FD110 sih tidak begitu terasa, cukup mumpunilah.

Saya, sejujurnya, termasuk seorang pengagum Suzuki. Terutama Suzuki Shogun. Tentang cerita-cerita masa lalunya yang melegenda, catatan top speednya yang mencapai 120 kpj dalam kondisi standar (Suzuki Shogun 110 kebo), sampai catatan penjualan yang membuatnya menjadi pemimpin pasar di kelasnya pada waktu itu. Motor ini tidak bisa dilupakan dalam lembaran sejarah otomotif Indonesia.

Saya berkenalan dengan Suzuki Shogun FD110 saat almarhum kakek saya memenangkan hadiah undian sebuah motor Suzuki Shogun FD110 tipe tromol pada tahun 2002 (tapi motornya sendiri diproduksi pada Oktober 2001). Kebetulan almarhum kakek saya memang sudah tidak mengendarai lagi motor sejak tahun 1980 akhir. Terakhir ia memakai Honda 70 yang berwarna hijau, sudah tak ketahuan di mana rimbanya setelah dijual seorang kerabat…..

Akhirnya, yang memakai si FD110 itu adalah ayah saya. Saya waktu itu masih kelas 4 SD, biasanya diantar memakai mobil Kijang atau Honda 70- merah yang sudah parah keadaannya, sering mogok pula. Setelah ada si FD110, saya mulai diantar sekolah dengan motor ini. Sudah terlalu banyak kenangan yang ada dari motor ini, mulai dari saya dan adik saya diantar berdua boncengan naik motor ini, sampai ayah saya yang gas pol pakai ini Shogun karena saya bangun kesiangan dan hampir terlambat sekolah. Namun, pada akhirnya, saya berpisah juga dengan si FD110, berhubung ayah saya membutuhkan armada pengangkut barang untuk usahanya (untuk dipakai pegawainya), maka dipindahkanlah Shogun ini ke tempat usaha ayah saya. Berhubung ayah saya masih memiliki sebuah Kijang dan Panther untuk transportasi, maka dirasanya FD110 itu bisa dipakai pegawai. Tadinya mengangkut barang itu pakai Honda 70, sebuah Suzuki Carry pick-up, serta Daihatsu Zebra Pick-up. Akhirnya gantian ayah saya yang pakai Honda 70 itu (alasannya sih karena pakai mobil boros, tapi lucu juga ngeliat seorang pimpinan usaha yg pakai Honda 70, sementara pegawainya pakai FD110)……..

Waktu berlalu, saya menginjak jenjang kelas 3 SMA. Dan sudah seharusnya punya motor. Kebetulan ada seorang paman saya yang memberi sebuah Suzuki Smash FD110X R, kepada saya, karena saya memang membutuhkan motor (dan dia lebih dominan pakai mobil). Tapi saya rasa, motor ini tidak punya soul seperti sebuah FD110 Shogun. Memang, spek mesin hampir sama, sama2 overbore, sama2 FD series, tapi ada yang kurang, ada yang berbeda. Akhirnya, setelah sekitar 4 bulan saya pegang si Smash, saya memberanikan diri untuk menukarkan Smash ini dengan Shogun yang ada di tempat usaha ayah saya, dengan resiko tinggi, keadaan motor sudah sangat tidak fit, banyak kerusakan, dan hampir tidak pernah servis rutin (namanya motor pegawai). Suatu hari, Smash menghilang dari rumah, dan digantikan oleh sebuah Shogun FD110 tromol hitam, ya, dialah sang FD110 yang telah memberi banyak kenangan pada saya. Dan saya bertekad akan merestorasi Shogun FD110 ini menjadi jauh lebih baik, tentunya bertahap  sesuai dana, perlahan tapi pasti. Sejauh ini restorasinya telah mencapai tahap kedua, detil2 dari restorasi ini akan saya jabarkan pada post bagian 2, kalau saya tidak lupa:mrgreen:

60 pemikiran pada “Saya dengan FD110 Shogun

    1. hehehe, bener mas, motor kenangan tuh…….emg ga bisa dilupain. Padahal ngambil Shogun yg butuh banyak perawatan tergolong nekad. Harga jual baliknya kan rendah, malah bisa lebih tinggi harga perbaikannya. Tapi itu resiko kan:mrgreen:

      Padahal Smash cakram yg kmaren saya pegang itu udah siap jalan (masih lebih fit), tp saya ga ngerasa klop sama motor itu……….

  1. Fuck yeah….FD110 Badass oldies Bike FTW!

    Smash emang lumayan, tapi aura jawara lokal & spidometer analog VDO oldskull emang beracun…..

    *blog ini saya tempel di blogroll aye ah di SRT😈

    1. heheheheh😆

      makanya aye brani tuker sama Smash. Soulnya gak sebanding sama Shogun. Trutama dari segi kualitas bodi, performa mesin, daya tahan, dan oklah, spido VDOnya:mrgreen: spido Smash kayak mainan anak2, desainnya ngga banget

      wew, blognya masih cupu suhu:mrgreen: tp thx deh. Malah masih belum tau aye klo bikin blogroll itu gmn😆

    1. ini jg lagi nyicil modif masbro:mrgreen:

      ganti pake cakram set Shogun FD110 kebo😆 tapi berhubung beli partnya sedikit2, mungkin baru beres taun depan……

      beli partnya jg yg ori di beres, jd aman dehh

      Modif lain? haha, ga minat. Knalpot udah cukup garang ah standarnya. Underbone? ane bukan pembalap:mrgreen: cakram belakang? gak signifikan ah, tromol lebih enak buat harian. Paling jg nanti ganti bodi set mesen dari dealer, coz punya ane udh kusem dan retak2. Nanti pake stiker sendiri. Pake tulisan kanji Shogun:mrgreen:

      BTW:sukses yah bro restorasi Crystalnya, motor kenceng tuh. Aye jg tadinya minat sama adeknya, si RC110 Tornado GS.

  2. wewww.. mantab n lengkap banget curhatan motornya. makasih kunjungannya di blog ane. rajin2 dicek volume oli mesinnya bro, shogun terkenal haus oli tuh. apalagi kalo ada seal bocor atau silinder udah baret

    1. hahaha, sekedar curhat colongan di blog amatir bro😆

      iya bro, sama2, trimakasih jg udah ngunjungin blog saya🙂

      sip bro, baru kmaren2 tuh servis besar. Dan hampir tiap hari juga ane cek oli pake dipstick. paking2 dan sil2 silinder udah diganti, tp yg blok masih belum, mudah2an aja gak basah lagi, coz hari ini baru bersihin bagian bawah blok mesin.

  3. ane juga pake Shogun FD110 tahun 2000, bekas punya adik yg udah sakses di jkt dan motornya nganggur…

    Rencana awal mau restorasi original, sudah mulai dengan hunting body plastiknya yang susahnya minta ampun… meskipun dapet tapi warnanya gado2, yg penting dapet body asli NOS (New Old Stock). Tapi mimpi punya shogun orisinal terkubur karena gak tahan tiap hari lewat bengkel balap. Akhirnya sekarang mesinnya udah 150cc dengan karbu yang direamer sampe 25mm. terakhir si kebo gak bisa lagi pake knalpot standar…

    Sekarang kalo cuma cepek mah gampang… hehehe…

    1. wew, Kebo keluaran terakhir yahh……beda setaun sama punya sayah, New Shogun pertama keluar, taun 2001:mrgreen:

      ahahaha…….klo ubahan gitu mah udah manteb mas……..top speed Kebo standar rata2 120 kpj, klo udah ubahan ekstrim macem gitu kuat sampe 130an kali😆

      saya aja New Shogun standar enteng 95

      tapi awas durabilitynya, dan hati2 jangan ngebut2:mrgreen:

  4. bro shogun saya pistonnya udah naik overseiz jadi 150 tapi knapa klo di geber mesin malah merinding bukannya kenceng..pleas jawab bro

  5. bener tuh gan shogun fd 110 kebo emang ga ada saiangan nya tenaga and akselerasi nya juga mantabs udah gitu awet bgt mesin nya di banding motor2 sekarang yg gampang rewel

  6. Mas bro and sis ko mesin depan saya suka bocor oli terus ? emg intensitasnya ga deras kaya air keran. cm netes aja. apa penyebabnya ? trus kalo beli karbu baru mikuni VM17SH di sorum resmi suzuki ada ga ?

    1. mesin depan itu blok silinder ya, sama tutup klep? tinggal ganti pakingnya kalo itu mah.

      ngga tau, dan kalopun ada biasanya indennya lama, emang karbunya kenapa mas? pertolongan pertama ganti jettingnya dulu aja.

  7. Motor penuh kenangan, pernah jungkir balik, buat ngangkut beras, mudik, nerjang banjir tahun 2002 sama 2007. Ah banyak deh..
    Baru kemaren Shogun 2001-ku cuma setting karbu bisa tembus 107 kph versi GPS BlackBerry di Monas depan kedubes Amerika.

  8. shogun kebo emang bermesin handal, sperpat na awet nd di bandingin sma motor2 skarang gak kalah kencengnya,cman nyari bodyna yg ori kok susah bgt yaah, soalna body keboku udah pda retak…

  9. new so’un fd110 sudah diwarisken ke adik saia. susah senang bareng2 ama tu motor. ya kepanasan, keujanan, ban bocor malem2 karena penebar paku jahanam….. sekarang saya menunggangi FD125XRM. hihi… sama2 so’un terbaik di edisinya…

    salam. nice post. so’un jadul emg gak ada matinya..

    1. beli seken ya mas? soalnya taun 2005 udah ngga ada lagi FD110 anyaran🙂
      *emang FD110 kalo dirawat dikit cukup tahan lama. Motor saya yang ngga dirawat catnya aja masih lmayan mengkilat

      1. ikut ngopi bro.. sm2 punya shogun,punya ane thn 2002 mengenai mesin jgn di ragukan,cat jg baguus,klo motor skrg catx tipis2 gampang pudar.buat luar kota Sby-Bwi ngacir truss.. Z…

        1. masalah cat yang saya juga bingung, biarpun bertaun2 ngga dirawat, tapi masih mengkilat2 juta, kecuali yang kegesek2 sama rantai :p

          catnya boleh lah ya hehehe

    1. yang penting kesenangan berkendara menurut saya mas, bukan kejar-kejaran hahaha

      *sempat saya pikirkan satu perkataan, berlombalah melawan dirimu sendiri, bukan orang lain🙂

  10. shogun 110 ku tahun 1995, sampe skrg 2013 ga pernah ganti kampas kopling..
    masi bisa lari 100 walau butuh jarak yang lumayan panjang..
    di banding dengan shoggun 125 ku yang tahun 2007, lari 90 aja dah susah -____-
    shogun 110 keluaran pertama yang masi menggunakan dobel tromol depan belakang, tuh mank paling top..
    cdi-nya aj unlimiter tuh original bawaannya.. pistonnya sama piston 125 sama cuuyyy.. dah gw bandingin…
    pantasan pada jamannya 90an, shogun 110 paling kenceng di banding merek laen,

  11. saya punya FD110 gan yang tahun 96’n sampe skarang malah mutusin mx standar ama vega ,,
    motor paling kuat gan ,,
    saya iseng” pasangin karbu Rx-king dan wow susah berhentinya gan ,,
    hahahah maklum tromol dua”a

  12. new shogun r klangenan-ku warnae item taun ’02,mas..
    sekedar sharing saja tanpa maksud apa2,mas bro..dulu karbu-nya sama mas gun dibengkel “GMF” cm dganti pilot jet+main jet nya saja dg ukuran punya kebo yg lbh gede dr new shogun,itu udah bisa ngacir nglibas mx,napas mesin jd panjang..hehe..
    tapi skrg udah gak standar lg,krn ku ganti seher thunder+kopling manual+kompresi dibikin 10,7 (kompresi segini ini yg bikin tongpes,kagak mau pake bensin,mas,maunya minum pertamax.bikin jebol dompet neh..)..tapi,pernah ku tes sama vixy jejer nyampe speed 137kmh krn habis itu kepentok lampu merah gejayan di ring road utara jogya..
    untuk perawatan mesin yg sekarang,murah meriah kq mas,cuma pake “nano energizer” dan “lupromax ea(tiap ganti oli)” aja,mas..udah cukup bikin awet mesin..🙂
    shogun emg mantap,mas..🙂

  13. masbro,boleh minta fotoin cdi shogie nya dong,pengen tau yg orinya gmn .sbb ane baru dpt ni motor (04/07/2014) bli seken,warna item thn.2001.kondisi skitar 80%.thanks be4.🙂

  14. shogun kebo gua udh berkali2 masuk bengkel walaupun katanya mesinnya bandel, emang bandel sih tapi untuk melayani penunggangnya yg kaya ghost rider ni dia harus banyak di rubah. entah cc nya udh berapa itu, dalemannya udh gk ada yg standar lgi, sekarang udh di bikin stelan road dace tapi baru 70% dan udh bisa ngimbangin cbr150, kalau megapro dan vixion sih lewat, lawannya cuma sodaranya si satria 2tak itu, shogun kebo emg gk ada abisnya bikin penunggangnya seneng, walaupun bikin tongpes tapi gak apalah asalkan selalu bisa gesekin ban di aspal.

    SHOGUN KEBO luar biasa,
    JAYA SHOGUN FD110,
    kalau perlu mh bikin comunity Shogun Kebo se-Indonesia nih gan.

  15. Shogun ane th 96..pe skrg blm pernah ganti seher.udah ga keitung bolak balik jkt-clp.top speed 120 kpj.shogun emang ajaib

    1. motor aneh memang hihihi, btw kebo memang lebih bandel dari yang new…lebih tahan lama juga nampaknya. New 110 saya cuma kuat 105 kpj hahaha….kondisi standar ting ting waktu itu (2011)

Tinggalkan Balasan

