Shogun 110, Jagoan yang Tidak Pudar Oleh Jaman

Jelas motor saya sendiri ini,😛

Kita tentu mengenal Suzuki Shogun 110. Motor ini termasuk jagoan ngebut pada masanya. Karena menganut kapasitas silinder yang cukup besar di masanya untuk ukuran bebek 4 tak, 110 cc. Motor ini adalah motor bebek Suzuki yang pertama di Indonesia, yang memakai sistem 4 tak.

Untuk urusan akselerasi, motor ini cukup baik. Top speed diklaim mencapai 120 kpj pada saat masih baru. Oleh karena itu, Shogun 110 masih terhitung cukup kuat untuk digunakan dewasa ini, meskipun produksinya sudah lama dihentikan. Motor ini, terutama generasi awalnya, Shogun “kebo”, cukup digemari karena kualitas dan ketahanannya, juga karena akselerasi dan top speednya.

Sayangnya, model Suzuki Shogun 110 (FD110) yang di downgrade menjadi Suzuki Smash (FD110X), tidak bisa sukses di pasaran, antara lain karena kualitasnya yang dianggap tidak bisa menyamai Shogun 110. Entah karena terlalu ringan dan juga karena sering miss shift (penulis sering mengalami ini karena penulis sendiri memiliki sebuah FD110X).

Shogun 125 juga tidak bisa sukses di pasaran entah karena kalah nama dari Honda Supra X 125, atau karena kualitasnya yang menurun (dianggap menurun) dari FD110. Karena Shogun 125 generasi awal yang berkode FD125X pada dasarnya merupakan bore up atau stroke up (yg mana yg benar saya lupa) dari FD110X aka Smash, sehingga kelemahannya pun dianggap sebelas duabelas. Namun secara keseluruhan karakter mesinnya jelas masih seperti original FD110. Kuat di tarikan akhir. Seri Shogun ini juga keluar dengan seri SP, dengan perbedaan berkopling dan tidak memiliki starter elektrik. Seri ini tergolong cukup seret penjualannya, karena angka penjualan jauh dibawah kompetitor.

Lain lagi FL125, motor yang ditasbihkan sebagai the new Shogun125 menggantikan seri FD ini tarikan akhirnya justru tergolong biasa saja, top speed standar. Tapi akselerasi dan tarikan awalnya jelas di atas rata2 FD series. Lebih cocok digunakan dalam kota dan keadaan stop and go. Tapi digunakan secara long distance pun juga masih nyaman. Seri SP dari FL125 sudah memiliki starter elektrik, tapi malah menjadi kelemahan dari SP seri ini, adanya starter elektrik menghambat gasingan mesin. Namun, SP seri ini memiliki kelebihan juga, yaitu jarang adanya miss shift dan kopling selip. Seri Shogun ini pun, penjualannya dikategorikan seret dan sedikit. Sejauh ini tak ada yang bisa menyamai kegemilangan era Shogun FD110.

Pada akhirnya, terbukti bahwa Shogun 110, entah  yang kebo ataupun New, merupakan motor bebek 4 tak Suzuki yang paling sukses dan sampai saat ini tak ada produk motor bebek 4 tak Suzuki yang menyamai angka penjualan Shogun110 ini.

artikel ini dikopi dari blog lama saya

PS: Jangan terlalu “dianggap serius ya tulisan ini, tulisan ini pas era-era awal saya baru mulai ngeblog, tentunya pandangan saya pun masih belum seterbuka sekarang. 
~2014

95 pemikiran pada “Shogun 110, Jagoan yang Tidak Pudar Oleh Jaman

  1. hahahaaaaaaaaaaaaa,, Ane bru pegang nih gan Shogun kebo 110 kea pnya ente,, Maklum Warisan gan😛 sbner ny ane udh pny Dazzler (NMP), tp krna itu mtor warisan mbah ane yg g da yg mw ngerawat, akhir ny ane deh yg pegang ampe skrg.ini lah pengalaman prtama ane pegang nih mtor, kondisi mtor msh standar gan, msh dibilang ckup baik lah, mgkin krna yg dlo pake kakek ane g prnah kenceng x ya.urusan mesin.,?? buju buseeet,,, bobot ane yg 87 KG saja bisa tmbuz 120 kpj lbh dkit gan,,, ane agak Kaged sbner ny, lah wong kharisma nyokap aj g sampe sgtu, pdhl kan ni kebo cc ny cuma 110, krna ane g prcaya, mtor lansiran 97 ini, ane tes dah ma mtor bebex 110 yg laen ny,,, kea revo, blade, vega R, Vega ZR,, bahkan jupi z burhan n kwan2 ny,, ane g prnah klah gan, klo urusan topspeed, kndisi mesin sama2 standar.ampe skrg gan,, ni mtor msh muluz di tangan ane,, semua msh orisinil, kecuali ban, lampu, n kampaz rem, oli n kwan2 ny,, yg emg udh kemakan umur, klo mesin c msh orisinil.bahkan Thunder 125 pun, Tewaz gan! wkwkwkwkwwk,,, oiya, 1 lg yg bwt ane kaged, gigi 2 ni kebo bisa di bejek ampe 80 kpj, itu sama pd wktu ane pake mx dlo, pdhl cc ny lbh kcil ktimbang MX,ini nih yg bkin ane demen.emg dah! mtor kakek2 tp jiwa muda, g kalah ma mtor2 skrg, bukti ny msh awet aj ampe skrg n msh ttp Ngacir pazti nya!!
    hahahahaaaa.,,. Salam kenal gan.
    By: CD Dazzler n Kebo Rider;s

    1. shogun kebo emang kenceng gan.
      Ane wktu 5 bulan punya shogun 125 thun 2005, masih muda tu mesin, di adu sama Shogun kebo dilurusan, kalah jauh larinya.😀

      New Shogun 110 dlu prnah jdi primadonanya bebek loh wktu ane Sma-an tahun 2002. bodyny yg sporty jdi brang modif. dan klo ane inget2 ntu Sebutan Shogun-R(ER) itu enak didenger.

      tpi begitu mw beli ntu Shogun, distop deh ganti Shogun 125, youwiss yg pnting Shogun. cc 125 mentok 110kpj.😦

    2. awkawkawkawk…mau yg lebih bro??ane berat 110kg + temen ane 60 kg, boncengan top speed 125 kph awhahwahwah..ganti knalpot doang :p
      byson ane aja kalah top speed cuma 118kph,, -_-

        1. pada zamannya masih muda sih ni motor bebek 4-tak larinya lumayan kenceng sih bro, bisa jabanin bebek 125cc. malah kalo dah urusan jalan lurus JupiterZ gen 1 milik kakak ane kalah bro.

          tapi kalo kata temen ni motor kalo dah jatuh peformanya turun lumayan kerasa, cz kruk-as nya sensitif. makanya shogun kebo masih dicari cz ada sedikit perbedaan didalemannya yg bikin lebih tahan lama kencengnya.😀

  2. ternyata shoguntromol dimari
    pantes kok kayak gak asing sama motor yang dipajang itu FD item tromol
    ternyata setelah baca dan turun ke bawah ada ava nyaa hahahaa

    FD110 mantap tapi ane pake yang new hahhaa
    gak pernah muncul di ssar kaskus gan

  3. kunci performa shogun 110 ada di ukuran stroke 48,8mm (baca tentang bore x stroke) dan CDI unlimiter sindengen.

    Stroke 48.8mm khas milik suzuki, dulu dan sekarang dipakai dalam spesifikasi satria.

    CDI sindengn diatur agresif oleh pabrikan yakni menyalakan busi lebih maju beberapa milidetik sebelum gerakan piston mencapai puncak.

    1. 1. Sebenernya sih kalo kata saya yang jadi kunci justru borenya yang melebihi panjang strokenya, jadi mesin overbore dan enak dipacu di putaran tinggi…..

      2. CDI Shindengen sebetulnya sih nggak unlimiter, tapi limitnya diset di putaran mesin sangat tinggi, kira2 14rb rpm, makanya berasa unlimit, soalnya buat bebek, sulit buat mencapai putaran mesin setinggi itu…….

      3. Hemm…kalo timing pengapian dimajukan…..berarti memang wajib pertamax:mrgreen:

      keren infonya om, Thx ya😀

  4. sekedar share gan…
    hehe…ane make smash gan….tapi ane puas makex…
    walaupun downgrade…dengan berat 80kg…
    topspeednya nyampe 125km/jam(masi terus naek, estimasi ane sih mentok di130-an)…tapi cuman antara 1-3 tahun ane pake bisa gitu, sesudah itu turun(mungkin tahannya cuman taonan itu ato karna ane sering molor ganti oli…haha)…ane mohon maaf, klo ane ada salah kata gan..

    *berat 80kg itu maksud ane berat ane gan..hehe

    1. Smash emang ngga jelek, tarikannya lumayan enak juga. Masalah yang saya tekankan disini adalah bobotnya yang keentengan dan sering miss-shift.

      *kalo 120 kpj tembus on spido Smash, itu emang bagus juga, tapi keakuratan spido Smash kayaknya masih dibawah New Shogun 110 (Smash pake bikinan vendor yang ane ga tau, kalo Shogun pake Siemens VDO). Sempet juga sih ada blogger yang tembus speed segituan di trek, jadi saya nggak heran:mrgreen:

  5. Gw juga punya motor shogun new 110 ampe sekarang… udah 12 tahun…!!!
    udah banyak yang nawar… bahkan pernah udah mau lepas.. coz udah terlanjur buka harga… tapi, pas pembelinya udah bawa uang.. gw nyatakan kalau gw ndak jadi jual.. coz masih kepikiran kenangan masa2 SMA dulu ama ntu motor…!!!
    hehehe….

  6. Lanjutttt…
    gw pengen beri double cakram ntu motor…!!! cocok nggak AS belakang shogun new, gw ganti dengan shogun SP125…?? coz biar entar ada stan untuk cakramnya….

  7. hahah… FD110 udh ane warisken ke ade ane. tu motor emg asik punya di jalanan kosong dan mulus. gigi 4-nya ganas cuyy… kalo gw gak inget pernah beberapa kali cium aspal :sad udh gw bejek tu gas sampe melintir setang sehernya hehe… tapi kalo di jalanan padet, stop n go, ampun dah kalah mulu sama jupi atau adenya yg culun itu, yahaha pega…

    salam dari so’un FD125XRM… biarin yg lain kemakan tipuan marketing, kita mah tetap low profile… tapi high speed…. hihihi…

    1. *sori baru bales mas😛

      iyep, gigi 4nya panjang pisan, berhubung dia overdrive dari gigi2 yang lebih rendah……putaran atasnya enak. Kalo kondisi macet2an sih iya, mesinnya ngga pas buat stop and go:mrgreen:

      ahahahaha…….kita udah tau sendiri faktanya dari yang kita rasain🙂

  8. Watt dan volt lampu depan shogun 97 – 99 ( shogun kebo ) brapa ya gan?
    lampu depan jarak dekat shogun kebo ane, sering mati.
    Rencana mau tak ganti lampu halogen.
    gmna gan?

  9. saya juga punya shogun fd110r 2002 standard. larinya udh bisa ngalahin jupi tahun 2010 di jalan datar. Tapi klo di tanjakan agak kurang sih.

    Kekurangan’y cuma shock depan’y i2 kalo standart tinggi banget antara ban sma sleboard…

    1. bukan cuma kadang2 pak, seringnya demikian, namanya juga motor tua :p
      *soalnya bukan karena motornya ga laku, di Bandung pasti tiap hari ketemu satu dua motor itu, padahal motor baru dah bejibun

      *mahal…yep

  10. penasaran ama motor shogun110 ane, pernah suatu hari gua nabrak tembok ujung gang depan kampung ane. itu hari memang ane kecapekan abis muter2 kerja freeland mungkin ngantuk ya gan… kayaknya kecepatan tu motor lumayan kenceng pas belokan.. nah ini motor sakti bin ajaib gannnn…. tu velg & stang garpu depan kok gag bengkok ato yang laen2… cuman baret2 d slebor/body depan… ini kondisi motor masih orisinil gan… maklum punya nyokap ane…. emang T.O.P bgt ni motor… salam kenal gan….

      1. setuju!! ane jg pernah ngalamin hal yang sama, nabrak angkot kecepattn lumayan., alhamdulilah tu shogun cuma penyok dikit speakboard depan ,ngga ampe pecah.,sockbreaker ,garpu , pelek alhamdulilah baek2x aja,.hanya gue lumayan memar n ganti rugi angkot..hehe…pengalaman asyik n lucu

  11. punya ane lansiran 2000 awal, so far so good, tp sekarang pingin 100 kpj dah sulitnya minta ampun, dah tua x tu motor, masih standaran gan, sarannya biar rada galak lagi???

  12. Shogun FD 110 emang bengis di rpm atas bro, motor saya new shogun 110 diporting, yang lain standar, mulai dari knalpot sampai karbu. gear 15-35, gear 15 variasi. topspeed bisa nempel vixion, kondisi sama2 nunduk, bahkan setelah agak lama, sukses ngasepin vixion lo,
    tapi kalo akselerasi kalah sama vixion, cuma kalo dibandingin bebek2 lain 110 sampai 135 cc, tarikan masih menang.

    tadinya tarikan agak kurang nendang, begitu ganti kampas kopling baru, sama diganjal 1mm per koplingnya, langsung ganas pindah giginya, bisa ngangkat2. Tapi 1 set kampas kopling ori harganya 300 rb,
    trus, kopling otomatis terlalu lama nyangkutnya, jadi mesin meraung kalo rpm masih rendah, solusinya sepatu kampasnya ditambah besi setebal 4 mm buat pemberat. dibnetuk sesuai coakan yang melompong, terus dikas titik ujung2nya, jadi gk meraung lagi, lumayan mempercepat akselerasi + menambah irit bbm.

  13. Ane juga punya nih motor super fd110 thun 2002.. emng mantep bgt gan.. cuma ane lg cari dinamo starter nya yg ori masih ada ga yah gan.. kl ada dimana kira2 yah ane beli nya?? Udah susah bgt cari spare parts nya..

  14. Shogun kebo 110, ini baru mtor bebek Hahhaaa,.. Sdh berumur 17 tahun, seventeen ttp kencang…

    120 kpj bkn hal yg susah gan klo pas boncengan, kalau pas sendiri bs lebih,prnh ane pas dari semarang lwat magelang jika kondisi jalan ny menurun di speedo nya bs 140 kpj gan! Syg bgt wktu itu ane g bawa kamera, jd g bs di rekam,,,

    Ni mtor bnr2 spesial gan, asalakan tiap bulan ganti oli, jgn lp tiap 6000km ganti busi, servis sama tmbh ramuan porting dkit,,. Yg lain msh orisinilan deh, larinya nendaaang,,,

    Sampe detik ini saya tak percaya rasanya, tp memang prnh saya salip vixion di 130 kpj. Andaikata suzuki bkin lg mtor bebek yg pnya kualitas super kea gni pasti ane beli lg yg baru gan,.. Tp itu sdh tdk mngkin rasanya,, nafas putaran mesinnya panjang2 bgt, prnh saya paksa di gigi 3 bisa sampe 110kpj lbh dkit gas poll, masuk gigi 4 120kpj lwat gan.

    G tau lah gan, itu aj pngalaman ane gan, emg jujur c kebo ane msh mulus gan dulunya barang simpenan yg pnya org tua jrang di pake…

  15. Aku punya shogun sp 2006, mesin STD,tarikan mantap dan gak mau kalah ama tetangga sebelah. Sekarang baru proses full modif, nanti kl dah jadi tak kirim pict nya gan.

  16. gan mw nanyak ,,, ane jg pke shogun 110 ,,, ganti oli rajin , service jg tetep
    tp kok lari nya mentok di 85 kpj ya?
    mohon share info nya , mkasi🙂

    1. udah pernah servis besar? tadinya Shogun saya sebelum direstorasi juga ga ada tenaga mas. Terus saya cukup servis besar, skir klep, udah, tembus 105 kpj. Kemungkinan karena kerak yang numpuk dari pemakaian bertahun-tahun. Kalo engga coba cek karbu, main jet yang udah aus juga bisa bikin top speed nurun.

    1. kalo turun mesin berarti mesin bener-bener dilepas dari motor sampe tinggal sisa rangka doang motornya, karena ibaratnya di”benahi” total mesinnya. Kalo saya turun mesin setengah, maksudnya cuma dilepas aja blok silindernya, tapi crankcase semua masih pada tempatnya. Kalo Shogun 110 mas diginimanain? masih inget?

  17. gw termasuk penggemar shogun gan.. skg gw masih punya shogun110 dan shogun 125. terlanjur suka.. mesin bandel.. bahkan gw ga peduli dg harga jual yg katanya kalah sam honda.. kl menurut gw. shogun 125 sama enak cuma kalah di cdi nya aja yg limiter..jd seakan rpm tinggi ga bisa nyamain yg 110. tp dg ganti cdi shogun yg 110 imitasi pun rpm jauh lebih tinggi terlepas dari ketahanan cdi mitasi tsb.. tetep puas aja pake shogun. se shogun shogunya… hehe..

    1. motor ini mungkin memang salah satu motor yang punya karakter tersendiri dikalangan pemakainya🙂

      …well saya pun pakai motor ini tetep ngerasa keren, walau umurnya udah 13 taun haha

  18. Senengnya banyak yg masi setia sama ni motor, Ane juga punya shogun dari 2001 ampe sekarang alhamdulilah masi ngeaspal and ga pernah turun mesin. dari jaman masi sma.
    mau nanya ni kata bang montir motorane kena mangkok kopling nya mahal ga ya, soalnya lum pernah ganti kalo ga diganti ngaruh ke mesin ga? ane cuma baru ganti kampas koplingnya aja nih, mohon pencerahan nya.

    salam kenal shogun lover

    1. sama dengan saya mas….kamkop udah diganti tapi mangkuk belum….karena memang mahal, diatas 300ribu buat orisinil pasti…efeknya di tarikan paling mas, karena jadi ga gigit lagi…..

  19. Salam kenal,terlambat ikutan komennya.emang nich motor top.ane punya tahun 2002.masa mudanya dulu top speed emang tembus 120 km/h.hampir semua merk di eranya pernah gua jabanin smua,hasilnya memuaskan,hampir gak pernah kalah.

  20. mau nanya nih
    saya pakai shogun 110 R mulai 2003 sampai sekarang cmn top sopeed kok sering di angka 90 an ya, kira2 apa yang harus sy benahin. o iya untuk ukuran celah klep in & out brp mm ya

    1. antara kampas kopling, mangkuk kopling sentrifugal, jetting yang engga bener, atau emang udah harus turun mesin…

      celah saya lupa, bisa di gugel ada🙂

  21. Mantep gan.. ane jg punya shogun r 110.. walaupun udah turun mesin.. Verza aja kalah.. mx lewat..

    Tp sayang punya ane masih tromol😦 … mau ngumpulin buat beli set cakram depan🙂

    1. seri tromol itu termasuk langka mas hahaha, biasanya dipakai buat motor PNS. Saya seumur hidup cuma pernah sekali nemuin Shogun tromol yang sama persis dengan shogun tromol saya😛

      *Pernah sekali lagi yang pelat merah, tapi stripingnya udah dicabut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s